Jelaskan Bagaimana Perbandingan Trigonometri Bermanfaat Untuk (Pilih Salah Satu): A. Mengukur Tinggi Suatu Tugu Ikonik Daerah Di Indonesia Seperti Jam Gadang, Di Bukittingi, Sumatera Barat. Kalian Boleh Membuat Gambar Untuk Mendukung Penjelasanmu. B. Mengukur Lebar Sungai Untuk Pembangunan Jembatan Misalnya Jembatan Youtefa Di Papua. Kalian Boleh Membuat Gambar Untuk Mendukung Penjelasanmu.


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan bagaimana perbandingan trigonometri bermanfaat untuk (pilih salah satu): 
a. Mengukur tinggi suatu tugu ikonik daerah di Indonesia seperti Jam Gadang, di Bukittingi, Sumatera Barat. Kalian boleh membuat gambar untuk mendukung penjelasanmu.
b. Mengukur lebar sungai untuk pembangunan jembatan misalnya jembatan Youtefa di Papua. Kalian boleh membuat gambar untuk mendukung penjelasanmu.


Jawaban Dan Pembahasan :
a. Pertama kita harus berdiri tepat di depan tugu Jam Gadang dengan membawa clinometer sederhana. Kemudian hitung sudut elevasinya, dan hitung juga jarak antara pengukur dan tugu Jam Gadang. Lalu, jangan lupa catat tinggi pengukurnya yang perlu ditambahkan untuk menemukan hasil akhir yang akurat. Dengan menggunakan nilai perbandingan tangen sudut elevasi dan kemudian menambahkan tinggi badan pengukur, kita akan dapat menemukan tinggi dari Jam Gadang.

b. Pertama carilah sebuah titik di seberang sungai yang mencolok dan dapat dijadikan sebagai objek rujukan. Posisikan diri kita tepat di seberang objek rujukan tersebut dan jalan sambil mengukur jarak yang ditempuh. Berhenti pada suatu titik yang diinginkan dan kemudian gunakan alat busur untuk menghitung sudut perputaran agar pengukur bisa menatap objek rujukannya. Dengan menggunakan nilai perbandingan tangen, kita bisa menemukan lebar sungai dan menentukan panjang jembatan. Baca juga Dari jarak 120m, seorang pengukur tanah menemukan sudut yang terbentuk antara garis permukaan dan puncak gedung adalah 30°. Gunakan perbandingan trigonometri untuk mencari tinggi gedung tersebut! Cari hasilnya dengan membulatkan ke satuan meter terdekat.

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Jelaskan bagaimana perbandingan trigonometri bermanfaat untuk (pilih salah satu): a. Mengukur tinggi suatu tugu b. Mengukur lebar sungai, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url