Apakah Kalian Dapat Mencari Nilai Perbandingan Tan 70°? Jelaskan Mengapa!

Apakah kalian dapat mencari nilai perbandingan tan 70°? Jelaskan Mengapa! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apakah kalian dapat mencari nilai perbandingan tan 70°? Jelaskan Mengapa!
Jawaban :
Nilai perbandingan tan 70° tidak bisa dicari. Hal ini karena untuk mencari nilai perbandingan tangen, segitiga yang dirujuk harus segitiga siku - siku. Segitiga pada soal di atas tidak memenuhi kriteria segitiga siku – siku karena pada segitiga tersebut tidak terdapat sudut siku - siku. Baca juga Putri menamakan sisi segitiga sebagai berikut: Sisi depan adalah sisi m. Sisi samping adalah sisi n. Sisi miring (hipotenusa) adalah sisi o. Coba tuliskan anjuran untuk Putri memperbaiki pemahamannya! Dalam anjuran kalian, pastikan ada penjelasan alasannya.

Pembahasan :
70° bukan merupakan sudut istimewa di dalam perbandingan trigonometri, sehingga nilai dari tan 70° tersebut tidak bisa kita cari dengan menggunakan aturan perbandingan segitiga siku - siku. Namun nilai dari tan 70° ini masih bisa kita cari atau kita tentukan dengan cara membaca tabel trigonometri atau juga bisa dengan menggunakan alat hitung seperti kalkulator. 

Dengan demikian, Nilai perbandingan tan 70° tidak bisa dicari. Hal ini karena untuk mencari nilai perbandingan tangen, segitiga yang dirujuk harus segitiga siku - siku. Segitiga pada soal di atas tidak memenuhi kriteria segitiga siku – siku karena pada segitiga tersebut tidak terdapat sudut siku - siku. Baca juga Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12!

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Apakah kalian dapat mencari nilai perbandingan tan 70°? Jelaskan Mengapa!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url