Kelompok Tani Dari Desa Tetangga Terancam Mengalami Gagal Panen Akibat Musim Kemarau. Mereka Memutuskan Membuat Kincir Air Seperti Kelompok Tani Desa Manggungsari. Jika Jari-Jari Kincir Air Yang Mereka Buat Sebesar 3 Meter. Jika Gaya Dorong Aliran Airnya Sebesar 62,21 N, Energi Yang Disalurkan Oleh Gaya Dorong Aliran Air Pada Kincir Air Tersebut Adalah ....... Joule.


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Kelompok tani dari desa tetangga terancam mengalami gagal panen akibat musim kemarau. Mereka memutuskan membuat kincir air seperti kelompok tani Desa Manggungsari. Jika jari-jari kincir air yang mereka buat sebesar 3 meter. Jika gaya dorong aliran airnya sebesar 62,21 N, energi yang disalurkan oleh gaya dorong aliran air pada kincir air tersebut adalah ....... Joule.

Jawaban :
Energi yang disalurkan oleh gaya dorong aliran air pada kincir air tersebut adalah 1.172 Joule.


Pembahasan :
Pada konsep usaha/energi, energi yang disalurkan berarti juga usaha yang diberikan oleh gaya dorong aliran air, hal ini karena definisi dari usaha sendiri merupakan jumlah dari seluruh perubahan energi yang terjadi pada sistem. Persamaan usaha tersebut dirumuskan sebagai berikut:
W = F . s

Sebelum mencari nilai W, terlebih dahulu kita harus mencari nilai s :
s = 2π . r
s = 2 . 3,14 . 3
s = 18,84 m

Kemudian, setelah nilai s kita temukan, kita dapa mencari nilai W :
W = F . s
W = (62,21) . (18,84)
W = 1.172 joule

Jadi, energi yang disalurkan oleh gaya dorong aliran air pada kincir air tersebut adalah 1.172 Joule. Baca juga Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom.

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai berapa besar energi yang disalurkan oleh gaya dorong aliran air pada kincir air tersebut, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close