Jelaskan Bagaimana Kecenderungan Jari-Jari Atom Pada Unsur-Unsur Dalam Satu Periode Dengan Bertambahnya Nomor Atom.

Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom.

Jawaban :
Kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom yaitu jari – jari atom memiliki kecenderungan semakin kecil dari kiri ke kanan. Hal ini dikarenakan, dalam satu periode dari kiri ke kanan nomor atom semakin bertambah, dengan bertambahanya nomor atom maka akan semakin bertambah pula muatan postif inti, sedangkan jumlah dari kulit atom dalam satu periode jumlahnya sama, sehingga hal itu menyebabkan elektron terluar dari atom semakin kuat tertarik oleh inti, dan akhirnya mengakibatkan jari – jari atom semakin kecil. Baca juga Jelaskan kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5.

Pembahasan :
Jari-jari atom merupakan jarak dari inti atom hingga ke kulit terluar. Panjang atau pendeknya suatu jari – jari atom dapat dipengaruhi atau disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu jumlah kulit atom dan muatan inti atom. Apabila semakin banyak jumlah kulit yang dimiliki oleh suatu atom, maka jari – jari atom tersebut akan semakin besar atau panjang, begitu pula sebaliknya apabila jumlah dari kulit yang dimiliki oleh suatu atom sedikit maka jari jari atom pun akan berukuran kecil atau pendek. Kemudian, jika jumlah kulit dari dua atom jumlahnya sama banyak, maka yang berpengaruh terhadap ukuran panjang atau pendeknya jari-jari atom adalah muatan inti dari atom tersebut. Jikalau inti atomnya semakin banyak, maka akan semakin besar pula muatan inti, dan gaya tarik inti atom terhadap elektron akan menjadi lebih kuat sehingga elektron akan lebih mendekat ke arah inti atom. Baca juga Prediksilah kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-6.

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom pada unsur-unsur dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url