Jelaskan Bagaimana Kecenderungan Jari-Jari Atom Dalam Satu Golongan (Baca: Dari Atas Ke Bawah) Jika Dihubungkan Dengan Bertambahnya Nomor Atom. Jelaskan Unsur Manakah Yang Memiliki Jari-Jari Atom Terpendek Dan Manakah Yang Terpanjang Jari-Jari Atomnya.

Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan (baca: dari atas ke bawah) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom. Jelaskan unsur manakah yang memiliki jari-jari atom terpendek dan manakah yang terpanjang jari-jari atomnya. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan (baca: dari atas ke bawah) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom. Jelaskan unsur manakah yang memiliki jari-jari atom terpendek dan manakah yang terpanjang jari-jari atomnya.

Jawaban :
Kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan yaitu, dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar, hal ini dikarenakan semakin ke bawah jumlah kulit atom akan semakin banyak. Kemudian untuk urutan jari-jari atom atau unsur dari terkecil hingga terbesar yakni He<Ne<Ar<Kr<Xe<Rn. Baca juga Deskripsikan pengertian jari-jari atom.

Pembahasan :
Sama seperti jari-jari lingkaran yang selama ini kita pelajari di dalam matematika, jari - jari atom adalah jarak antara inti atom ke bagian terluar atom, atau kulit terluarnya. Jari-jari atom mempunyai kecenderungan diantaranaya yaitu di dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom akan semakin besar, hal ini dikarenakan semakin ke bawah jumlah kulit atom akan semakin banyak. Kemudian, untuk membandingkan jari-jari atom suatu unsur, kita bisa mengambil 1 sampel golongan untuk diamati sifat keperiodikan dari masing-masing unsur, misalnya yaitu golongan gas mulia. Berikut dibawah ini konfigurasi elektronnya :
₂He = 2
₁₀Ne = 2. 8
₁₈Ar = 2. 8. 8
₃₆Kr = 2. 8. 18. 8
₅₄Xe = 2. 8. 18. 18. 8
₈₆Rn = 2. 8. 18. 32. 18. 8

Maka, urutan jari-jari atom atau unsur dari terkecil hingga terbesar adalah He<Ne<Ar<Kr<Xe<Rn. Baca juga Bagaimana cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan (baca: dari atas ke bawah) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close