Bagaimana Cara Menentukan Jari-Jari Atom Dari Dua Atom Identik Yang Bergabung Membentuk Molekul?

Bagaimana cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identic yang bergabung membentuk molekul? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Bagaimana cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul?

Jawaban :
Cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul adalah dengan menggunakan rumus sebagai berikut :


Pembahasan :
Jari-jari atom merupakan jarak yang bisa kita hitung antara inti atom dengan elektron di kulit terluar pada suatu atom. Pada tabel periodik, atom-atom satu periode mempunyai jumlah kulit yang sama. Tetapi, semakin ke kanan maka panjang jari - jari atom akan semakin kecil. Hal tersebut diakibatkan oleh penambahan elektron pada kulit terluar yang mengakibatkan gaya tarik-menarik antara inti atom dengan kulit semakin kuat. Sehingga kulit atom tersebut tertarik semakin dekat ke arah inti, yang mengakibatkan jari - jari atom semakin kecil. Atom-atom yang ada di sekitar kita cenderung tidak mau berdiri sendiri. Oleh karena itu, mereka bereaksi dengan unsur-unsur lain dan kemudian membentuk senyawa baru untuk mencapai kestabilan. Molekul bisa dibentuk dari atom-atom yang berbeda maupun dari atom-atom yang sejenis. Dibawah ini adalah contoh - contoh molekul yang terdiri dari dua atom yang identik : Baca juga Carilah data nomor atom dan nomor massa dari unsur aluminium dan unsur kalsium pada tabel sistem periodik. Buatlah konfigurasi elektron kedua unsur tersebut menggunakan diagram teori model atom Bohr (lihat contoh pada Tabel 5.4). Tentukan jumlah kulit dan jumlah elektron valensinya.
  • N₂ tersusun dari 2 atom nitrogen (N).
  • Cl₂ tersusun dari 2 atom klorin (Cl).
  • H₂ tersusun dari 2 atom hidrogen (H).
  • O₃, tersusun dari 3 atom oksigen (O).
  • O₂ tersusun dari 2 atom oksigen (O).
Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai bagaimana cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close