Deskripsikan Pengertian Jari-Jari Atom.

Deskripsikan pengertian jari-jari atom. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Deskripsikan pengertian jari-jari atom.

Jawaban :
Jari-jari atom merupakan jarak dari inti atom sampai kulit terluar. Pada unsur segolongan, dari atas ke bawah jari-jari atom akan semakin besar. Sedangkan pada unsur seperiode, dari kiri ke kanan jari-jari atom akan semakin kecil, hal tersebut diakibatkan oleh penambahan elektron pada kulit terluar atom yang mengakibatkan gaya tarik menarik antara kulit dengan inti atom semakin kuat. Sehingga kulit atom tersebut akan semakin tertarik dan mendekat ke arah inti, dan mengakibatkan jari - jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin mengecil. Baca juga Bagaimana cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul?

Pembahasan :
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi panjang dan pendeknya jari – jari atom, faktor tersebut diantaranya adalah jumlah kulit atom dan muatan inti atom. Semakin banyak jumlah kulit yang dimiliki oleh suatu atom, maka otomatis jari - jari atomnya juga akan semakin panjang atau besar. Misalnya yakni, jari - jari atom Natrium lebih panjang daripada jari-jari atom Litium, hal ini karena jumlah kulit yang dimiliki oleh atom Natrium lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah kulit yang ada pada atom Litium. Kemudian, jika jumlah kulit dari dua atom sama banyak, maka yang berpengaruh terhadap panjang atau pendeknya jari-jari atom adalah muatan inti atom tersebut. Jika inti atomnya semakin banyak, maka akan semakin besar pula muatan inti, dan gaya tarik inti atom terhadap elektron pun juga akan lebih kuat sehingga elektron akan lebih mendekat ke arah inti atom. Baca juga Berapa jari-jari atom Hidrogen jika diketahui jarak antara dua atom Hidrogen yang membentuk molekul H2 adalah 76 pm?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai deskripsikan pengertian jari-jari atom, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close