Carilah Informasi Lebih Lanjut Tentang Dampak-Dampak Eksplorasi Energi. Jika Perlu, Tampilkan Data-Data Pendukung Yang Bersumber Dari Sumber Terpercaya. Dampaknya Dapat Ditinjau Dari Segi Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan.

Carilah informasi lebih lanjut tentang dampak-dampak eksplorasi energi. Jika perlu, tampilkan data-data pendukung yang bersumber dari sumber terpercaya. Dampaknya dapat ditinjau dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan. ? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Carilah informasi lebih lanjut tentang dampak-dampak eksplorasi energi. Jika perlu, tampilkan data-data pendukung yang bersumber dari sumber terpercaya. Dampaknya dapat ditinjau dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Jawaban :
Dampak-dampak eksploitasi energi diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Daerah yang menjadi tempat eksploitasi energi misalnya yakni daerah pertambangan yang akan bisa menyebabkan kehidupan sosial disana menjadi tidak nyaman karena akan atau dapat muncul berbagai macam jenis penyakit.
  2. Eksploitasi energi dapat menyebabkan pencemaran air, seperti pada tambang minyak bumi di lautan biasanya pada saat proses penampungan dan juga pengangkutan minyak bumi tersebut sering terjadi kebocoran tangki yang bisa menyebabkan pencemaran pada perairan.
  3. Eksploitasi energi berupa penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran udara dan juga pemanasan global.
  4. Eksploitasi energi dapat menyebabkan kerusakan tanah misalnya yakni tambang batubara. Tambang batubara biasanya terdapat pada lahan yang subur sehingga apabila lahan tersebut dibuat tambang batubara maka lahan tersebut tidak bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan hutan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Dari segi ekonomi eksploitasi energi memang dapat memberikan keuntungan untuk sesaat, hal ini karena perekonomian masyarakat sekitar akan meningkat, tetapi lama-kelamaan energi akan habis dan kemudian akan berdampak pada perekonomian. Baca juga Kelompokkanlah sumber-sumber energi pada materi 6.4 ke dalam dua kategori, yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Amatilah potensi energi yang ada di sekitarmu. Adakah potensi energi di sekitar tempat tinggalmu? Jelaskan bagaimana cara mengolahnya?
Pembahasan :
Eksploitasi merupakan serangkaian proses yang dilakukan guna menghasilkan energi, misalnya yakni kegiatan tambang minyak dan gas bumi, tambang emas, tambang batubara, dan energi lainnya. Eksploitasi energi yang dilakukan dengan baik akan bisa berdampak baik, hal ini karena dapat menghasil energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tetapi apabila eksploitasi dilakukan secara berlebihan, maka akan dapat memberikan banyak dampak negatif, diantaranya yakni seperti pencemaran lingkungan dan juga kerusakan alam. Baca juga Kelompok tani dari desa tetangga terancam mengalami gagal panen akibat musim kemarau. Mereka memutuskan membuat kincir air seperti kelompok tani Desa Manggungsari. Jika jari-jari kincir air yang mereka buat sebesar 3 meter. Jika gaya dorong aliran airnya sebesar 62,21 N, energi yang disalurkan oleh gaya dorong aliran air pada kincir air tersebut adalah ....... Joule.

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai informasi lebih lanjut tentang dampak-dampak eksplorasi energi yang ditinjau dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close