Apakah Yang Dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”?

Apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”?

Jawaban :
Yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama” yakni membuat sebuah keputusan dengan melibatkan semua pihak - pihak yang terlibat serta secara transparan memberikan segala jenis informasi yang terkait dengan keputusan tersebut. Salah satu contoh dari kesepakatan bersama misalkan yaitu seorang karyawan melakukan negosiasi gaji dengan atasannya hingga mendapatkan kesepakatan jumlah gaji yang disepakati bersama. Baca juga Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama?

Pembahasan :
Kesepakatan bersama pada dasarnya merupakan sebuah bentuk perilaku dari musyawarah mufakat dimana kita tidak dapat mengambil keputusan secara sepihak, melainkan harus melibatkan semua pihak agar bisa tercapai keputusan yang dibuat bersama. Oleh karena itu, keputusan yang diperoleh dari kesepakatan bersama akan bersikap seimbang dan tidak memberatkan salah satu pihak tertentu karena seluruh pihak terlibat serta aktif di dalam proses pengambilan keputusan. Pada kehidupan bermasyarakat, kesepakatan bersama dapat membantu mendamaikan sebuah konflik, contohnya yaitu sekelompok masyarakat yang berselisih tentang sengketa tanah bisa dipertemukan dengan pihak yang merasa dirugikan guna membicarakan hal tersebut hingga dicapai kesepakatan bersama dan kedua kelompok tersebut dapat hidup dengan damai dan berdampingan. Baca juga Apakah kalian terlibat dalam rapat untuk membangun kesepakatan bersama di dalam keluarga, masyarakat atau di lembaga pendidikan?

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close