Apa Itu Bencana Hidrometeorologi? Berdasarkan Cuplikan Berita Di Atas, Uraikanlah Jumlah Bencana Yang Termasuk Ke Dalam Kategori Bencana Hidrometeorologi Yang Telah Terjadi Di Awal Tahun 2021.

Apa itu bencana hidrometeorologi? Berdasarkan cuplikan berita di atas, uraikanlah jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apa itu bencana hidrometeorologi? Berdasarkan cuplikan berita di atas, uraikanlah jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021.

Jawaban :
Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dampaknya disebabkan oleh kondisi iklim dan cuaca dengan berbagai parameter, yakni seperti penurunan curah hujan, peningkatan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai dengan angin kencang serta petir atau kilat, dan lain sebagainya. Jumlah bencana yang termasuk di dalam kategori bencana hidrometeorologi diantaranya yaitu 66 kejadian puting beliung, 60 kejadian tanah longsor, 227 kejadian banjir, dan juga 4 kejadian kebakaran hutan serta lahan. Baca juga Perhatikanlah Gambar 8.15, terdapat grafik kejadian banjir dari tahun 2008 hingga Januari 2021 di Indonesia. Menurut Kalian, adakah hubungan antara grafik pada Gambar 8.15 dengan grafik pada Gambar 8.14? Jelaskanlah jawaban Kalian didukung dengan teori dan data terkait yang Kalian dapatkan dari sumber terpercaya.

Pembahasan :
Macam - macam bencana hidrometeorologi antara lain adalah sebagai berikut :
  • Angin kencang
  • Angin kencang merupakan angin yang bergerak dengan kecepatan lebih dari 27,8 Km/jam.
  • Puting beliung
  • Hampir sama atau mirip dengan angin kencang. Puting beliung ini banyak terjadi ketika sedang peralihan musim.
  • Curah hujan ekstrem
  • Curah hujan ekstrem merupakan hujan yang terjadi di suatu tempat dengan intensitas tinggi yang melebihi batas curah hujan biasanya. Baca juga Prediksilah bagaimana jenis kelamin penyu pada tahun ini dibandingkan 20 tahun yang lalu. Mengapa?
  • Kekeringan
  • Kekeringan terjadi akibat defisit curah hujan pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang cukup panjang.
  • Banjir
  • Banjir merupakan peristiwa meluapnya air karena tanah jenuh atau jalur hidrologi tidak dapat menampung debit air hujan yang turun.
Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai apa itu bencana hidrometeorologi beserta dengan jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close