Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Norma?

Apa yang kalian ketahui tentang norma? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apa yang kalian ketahui tentang norma?

Jawaban :
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) versi online, norma mempunyai 2 makna. Makna yang pertama yakni aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima. Pada pengertian ini, maka norma yaitu sesuatu yang berlaku dan setiap warga harus mentaatinya. Makna yang kedua yakni aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu. Baca juga Apakah kalian akan terlibat dalam pertemuan atau rapat di tingkat sekolah dan lingkungan?

Pembahasan :
Norma diperlukan agar interaksi antarmanusia bisa berjalan dengan baik, saling memberi, saling tolong menolong, saling menghormati, dan saling menyayangi. Dalam norma, yang melanggar akan mendapatkan hukuman dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh anggota masyarakat. Ada juga norma yang tidak ditulis, yakni seperti antar tetangga harus saling bantu membantu apabila ada kesulitan, dan antar tetangga tidak boleh melakukan aktivitas yang bisa mengganggu satu sama lain.

Pada lembaga pendidikan yakni seperti sekolah, terdapat juga norma yang tertulis dan tidak tertulis. Yang tertulis yakni misalnya dalam bentuk Tata Tertib Peserta Didik dalam kelas yang harus ditaati. Sedangkan yang tidak tertulis yakni misalnya peserta didik harus saling bantu membantu apabila ada kesulitan, dan saling menghargai satu sama lain. Baca juga Berikan contoh norma dalam kehidupan sehari-hari!

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai apa yang kita ketahui tentang norma, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url