Silakan Kalian Menuliskan Satu Lembar Surat Kepada Orang Atau Lembaga Terdekat Peserta Didik Untuk Menceritakan Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945!

Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban :
Ketentuan dalam UUD NRI Tahun 1945 bisa diimplementasikan atau dilaksanakan dalam berbagai bidang, diantaranya yaitu bidang pemerintahan, kenegaraan, hak asasi manusia, serta kedaulatan rakyat. Berikut ini merupakan implementasi UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara :
  1. Pada bidang penegakan hak asasi manusia, misalnya yaitu pemerintah memberikan hak kebebasan berserikat dan berkumpul untuk warga negaranya.
  2. Pada bidang pemerintahan, misalnnya yaitu mengadakan rapat yang membahas mengenai masalah - masalah kenegaraan dengan cara musyawarah mufakat. Baca juga Apa yang akan kalian lakukan agar implementasi UUD NRI Tahun 1945 dapat sesuai dengan pandangan ideal peserta didik?
  3. Pada bidang kedaulatan rakyat, misalnya yaitu mencerminkan serta mewujudkan kondisi demokrasi yang efektif.
Pembahasan :
UUD NRI 1945 merupakan sumber hukum tertinggi dari keseluruhan produk hukum yang ada di Indonesia. Produk - produk hukum seperti undang-undang, peraturan pemerintah, atau peraturan presiden, dan lain-lainnya, bahkan setiap kebijakan atau tindakan dari pemerintah harus bersumber dan dilandasi pada peraturan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya harus bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan pada UUD 1945. Baca juga Sebutkan contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari!

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close