Q.S At-Taubah/9:105 Berisi Pesan-Pesan Mulia Yang Harus Dilakukan Oleh Setiap Muslim Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Sebutkan Pesan-Pesan Mulia Yang Terkandung Dalam Q.S At-Taubah/9:105!

Q.S at-Taubah/9:105 berisi pesan-pesan mulia yang harus dilakukan oleh setiap muslim dalam kehidupan sehari-hari. Sebutkan pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S at-Taubah/9:105! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Q.S at-Taubah/9:105 berisi pesan-pesan mulia yang harus dilakukan oleh setiap muslim dalam kehidupan sehari-hari. Sebutkan pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S at-Taubah/9:105!

Jawaban :
Pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S at-Taubah/9:105 antara lain adalah sebagai berikut :
  • Allah SWT. memerintahkan kita untuk beramal saleh hingga manfaatnya bisa dirasakan oleh diri kita sendiri maupun masyarakat luas. Amal tersebut harus dilakukan secara ikhlas karena mengharap ridha dari Allah SWT.
  • Setiap amal akan dilihat dan diketahui oleh Allah SWT., Rasulullah SAW., serta mukminin di akhirat kelak. Lalu akan dibalas sesuai dengan amal tersebut, apabila amalnya baik maka akan mendapat pahala, dan sebaliknya apabila amalnya buruk maka akan dibalas dengan siksa. Oleh karena itu, seorang muslim haruslah memperbanyak amal saleh ketika masih hidup di dunia. Baca juga Pesaing bukan musuh yang harus dikalahkan tetapi merupakan rekan kerja dalam berkompetisi secara sehat. Pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama akan mempererat tali persaudaraan di antara sesama. Mengapa bisa demikian?
  • Janganlah merasa bahwa amalnya telah cukup banyak untuk bekal hidup di akhirat. Sifat tersebut akan menghambat munculnya keinginan untuk beramal saleh lagi. Tumbuhkanlah inisatif untuk melakukan amal saleh, sehingga orang lainpun juga akan ikut tergerak untuk melakukannya. Pahala yang berlipat ganda akan diberikan oleh Allah SWT. kepada orang-orang yang memberi contoh tanpa mengurangi pahala mereka yang mencontoh. Setiap manusia akan kembali ke akhirat, dan menerima balasan atas amal perbuatannya. Seorang mukmin hendaklah jangan larut di dalam gemerlapnya kehidupan duniawi hingga melalaikan akhirat yang kekal abadi.
Pembahasan :
Seorang muslim haruslah memperbanyak amal saleh ketika masih hidup di dunia, dan amal tersebut harus dilakukan secara ikhlas karena mengharap ridha dari Allah SWT. Tumbuhkanlah inisatif untuk melakukan amal saleh, sehingga orang lainpun juga akan ikut tergerak untuk melakukannya. Pahala yang berlipat ganda akan diberikan oleh Allah SWT. kepada orang-orang yang memberi contoh tanpa mengurangi pahala mereka yang mencontoh. Baca juga Berlomba dalam kebaikan dapat dilakukan oleh setiap muslim di manapun ia berada. Lebih dari itu, Islam sangat menganjurkan agar bersegara melakukan kebaikan dengan penuh semangat dan etos kerja tinggi. Mengapa seorang mukmin harus bersegera dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dan beretos kerja?

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S at-Taubah/9:105, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close