Perhatikan Pernyataan Berikut Ini. “Allah Memiliki Nama-Nama Yang Terbaik, Maka Bermohonlah Kepada- Nya Dengan Menyebutnya. Tinggalkanlah Orang-Orang Yang Menyalah Artikan Nama-Nama-Nya. Mereka Kelak Akan Mendapat Balasan Terhadap Apa Yang Telah Mereka Kerjakan.” Pernyataan Ini Terdapat Dalam Al-Qur’an. Tuliskan Dalil Naqli Yang Menjelasan Pernyataan Tersebut!


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Perhatikan pernyataan berikut ini. “Allah memiliki nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada- Nya dengan menyebutnya. Tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” Pernyataan ini terdapat dalam Al-Qur’an. Tuliskan dalil naqli yang menjelasan pernyataan tersebut!

Jawaban :
Dalil naqli yang menjelasan pernyataan tersebut yakni :
Q.S. al-A’rāf/7: 180
Artinya : “Dan Allah memiliki Al-Asmā’ al-Husnā (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya al-Asmā’ al-Husnā itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. al-A’rāf/7: 180). Baca juga Mengapa kita harus meneladan sifat al-’Alīm dalam menjalani kehidupan!

Pembahasan :
Al-Asmā’ al-Husnā terbentuk dari kata al-Asma’ (bentuk jamak) dari kata al-ism, mempunyai arti “nama” dan al-Husna’ yang berarti “yang terbaik atau indah”. Dalam hal ini, al-Asmā’ al-Husnā bisa diartikan sebagai nama-nama-Nya yang baik dan juga indah. Nama-nama tersebut menjadi salah satu bukti dari keagungan Allah Swt. Pengetahuan tentang sifat-Nya serta Al-Asmā’ al-Husnā terdapat pada Al-Qur’an dan juga sunah. Dua hal tersebut merupakan kesempurnaan mutlak sifat - sifat Allah Swt. dari segala kekurangan. Dengan memahaminya, keimanan seseorang bisa meningkat. Derajat keimanan seseorang bisa ditentukan oleh pengetahuan tentang tuhannya. Baca juga Mengapa kita harus meneladan sifat al-Khabīr dalam menjalani kehidupan!

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai dalil naqli yang menjelasan pernyataan yang ada di soal, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close