Mengapa Terdapat Tradisi Sasi?

Mengapa terdapat tradisi Sasi? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Mengapa terdapat tradisi Sasi?

Jawaban :
Terdapat tradisi Sasi karena tradisi Sasi ini merupakan wujud dari pelestarian sumber daya alam sehingga dapat terjaga keberlanjutannya. Hal itu karena, tradisi Sasi ini memiliki tujuan untuk melindungi dan juga mengelola sumber daya alam yang ada di darat dan juga laut. Baca juga Jelaskan tentang bagaimana sejarah tradisi Sasi!

Pembahasan :
Sasi merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat adat yang ada di Maluku dan Papua Barat, tradisi Sasi ini bertujuan untuk melindungi dan juga mengelola sumber daya alam yang ada di darat dan juga laut. Sasi mempunyai arti larangan atau sanksi. Sasi bisa juga dipahami sebagai larangan untuk mengambil sumber daya alam dalam jangka atau kurun waktu tertentu sehingga bisa terjaga keberlanjutannya. Terdapat berbagai macam aturan di dalam praktik tradisi Sasi, misalnya yakni pada Sasi Lompa masyarakat Pulau Haruku, Maluku Tengah, yang sudah dipraktikkan sejak abad ke 16. Sasi ini mengatur kapan ikan lompa dapat dipanen atau diambil oleh masyarakat. Baca juga Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

Dengan demikian, terdapat tradisi Sasi karena tradisi Sasi ini merupakan wujud dari pelestarian sumber daya alam sehingga dapat terjaga keberlanjutannya. Hal itu karena, tradisi Sasi ini memilki tujuan untuk melindungi dan juga mengelola sumber daya alam yang ada di darat dan juga laut.

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai mengapa terdapat tradisi Sasi, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url