Jelaskan Mengapa Arsip Menjadi Sumber Sejarah Primer?

Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

Jawaban :
Arsip menjadi sumber sejarah primer karena arsip ini merupakan first hand knowledge (pengetahuan tangan pertama) dan juga merupakan rekaman sezaman dari suatu peristiwa atau kejadian. Dengan demikian, membuktikan bahwa sejarah dan arsip mempunyai relevansi yang sangat kuat. Baca juga Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari? Sertakan dengan dua contoh!

Pembahasan :
Perlu diketahui bahwa, arsip di dalam konteks ilmu sejarah dikategorikan sebagai sumber sejarah primer, sumber sejarah primer yakni sumber sejarah yang diperoleh atau didapat dari orang yang melihat secara langsung, mendengar secara langsung atau terlibat secara langsung. Arsip sebagai sumber sejarah primer, sesudah dilakukan tahapan - tahapan kritik, maka derajat kualitas dari sumber sejarah ini menjadi sumber sejarah yang utama. Dalam melakukan proses penelitian sejarah, para peneliti lebih banyak menggunakan arsip atau dokumen daripada sumber artefak dan lisan.

Maka dari itu, arsip menjadi sumber sejarah primer karena arsip ini merupakan first hand knowledge (pengetahuan tangan pertama) dan juga merupakan rekaman sezaman dari suatu peristiwa atau kejadian. Dengan demikian, membuktikan bahwa sejarah dan arsip mempunyai relevansi yang sangat kuat. Baca juga Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url