Jelaskan Mengapa Ilmu Sejarah Bersifat Diakronis Dan Sinkronis?

Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

Jawaban :
Sejarah merupakan ilmu diakronik yang mementingkan proses, sehingga bersifat berurutan atau kronologis. Sedangkan sifat sejarah sinkronik berarti menyempit dalam waktu serta meluas dalam ruang. Baca juga Analisislah kondisi sinkronik (keadaan masyarakat Indonesia) pada masa itu terhadap perempuan!

Pembahasan :
Diakronik adalah suatu cara untuk berpikir dengan runtut di dalam menganalisa suatu hal. Sejarah merupakan ilmu yang memiliki sifat diakronis, yang berarti lebih mementingkan proses, sejarah akan membicarakan suatu peristiwa tertentu yang terjadi di suatu tempat sesuai dengan urutan waktu kejadiannya. Di dalam konsep sejarah yang bersifat sinkronik, sinkronik akan menganalisa suatu peristiwa pada saat tertentu dengan titik tetapnya yaitu pada waktu. Sinkronik hanya menganalisis kondisi suatu kejadian atau peristiwa, dan tidak berupaya untuk membuat kesimpulan terkait dengan perkembangan kejadian atau peristiwa yang ikut serta di dalam suatu situasi sejarah. Sinkronik ini digambarkan tidak hanya dalam dimensi waktu saja, namun juga meluas dalam ruang. Baca juga Jelaskan keterkaitan antara sejarah dan ilmu sosial dalam artikel di atas?

Maka dari itu, sejarah merupakan ilmu diakronik yang mementingkan proses, sehingga bersifat berurutan atau kronologis. Sedangkan sifat sejarah sinkronik berarti menyempit dalam waktu serta meluas dalam ruang.

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url