Bagaimana Memaknai Proses Perancangan Dan Isi Dari Rumusan Dasar Negara Yang Bernama Mukadimah Hukum Dasar Atau Yang Juga Dikenal Piagam Jakarta?

Bagaimana memaknai proses perancangan dan isi dari rumusan dasar negara yang bernama Mukadimah Hukum Dasar atau yang juga dikenal Piagam Jakarta? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Bagaimana memaknai proses perancangan dan isi dari rumusan dasar negara yang bernama Mukadimah Hukum Dasar atau yang juga dikenal Piagam Jakarta?

Jawaban :
Dalam memaknai proses perancangan dan isi dari rumusan dasar negara yang bernama Mukadimah Hukum Dasar atau yang juga dikenal Piagam Jakarta yaitu menurut Hatta, Indonesia sebagai negara kesatuan mempunyai keragaman budaya dan juga agama beserta para pemeluknya. Maka dari itu, seluruh umat beragama yang ada di Indonesia sebaiknya merasa terwakili dalam rumusan dasar Negara tersebut. Baca juga Jelaskan makna dari negara merdeka menurut pandangan kalian sendiri?

Pembahasan :
Piagam Jakarta merupakan suatu bentuk upaya untuk menjembatani antara pandangan dari golongan agamis dengan kelompok nasionalis-kebangsaan di dalam sidang BPUPKI. Berdasarkan pertimbangan mengenai kalimat di dalam piagam Jakarta yang bertuliskan “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” yang menjadi salah satu dari isi Piagam Jakarta menimbulkan perdebatan. Menurut Hatta, Indonesia sebagai negara kesatuan mempunyai keragaman budaya dan juga agama beserta para pemeluknya. Maka dari itu, seluruh umat beragama yang ada di Indonesia sebaiknya merasa terwakili dalam rumusan dasar Negara tersebut. Setelah adanya perundingan yang agak alot, akhirnya disepakati bahwa salah satu isi dari Piagam Jakarta yang menimbulkan perdebatan yakni “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, diganti menjadi "Ketuhanan yang Maha Esa". Baca juga Menurut kalian, apa yang menjadi kesamaan pemikiran dari pendiri bangsa terhadap pengertian negara merdeka?

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai memaknai proses perancangan dan isi dari rumusan dasar negara yang bernama Mukadimah Hukum Dasar atau yang juga dikenal Piagam Jakarta, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url