Bagaimana Cara Berzikir Sesuai Dengan Ketentuan?

Bagaimana cara berzikir sesuai dengan ketentuan? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Bagaimana cara berzikir sesuai dengan ketentuan?

Jawaban :
Cara berzikir sesuai dengan ketentuan antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Zikir dengan ucapan, yakni mengucapkan bacaan - bacaan baik yang mengandung makna mengagungkan Allah Swt, yaitu seperti tasbih, takbir, tahlil, tahmid, shalawat, dan juga membaca Al-Qur’an.
  2. Zikir dengan hati yakni dengan cara bertafakur serta merenungkan ciptaan Allah Swt. dengan keyakinan bahwa Allah Swt Maha Berkuasa atas segala hal.
  3. Zikir dengan perbuatan yakni menjauhi apa yang dilarang serta melakukan kebaikan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah Swt. Baca juga Sifat-sifat Allah Swt dan al-Asmā’ al-Husnā dalam Al-Qur’an dan sunah merupakan kesempurnaan mutlak dari sifat-sifat-Nya dari segala kekurangan. Al-Asmā’ al-Husnā berarti
Pembahasan :
Menurut bahasa, arti zikir adalah ingat, sedangkan menurut istilah, zikir dapat diartikan yakni dengan mengingat Allah Swt. sebagai upaya dan usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt., kita diperintahkan untuk selalu berzikir kepada Allah Swt. dengan mengagungkan kekuasaan dan kebesaran-Nya agar kita dapat terhindar dari kesombongan.

Adapun cara berzikir sebagai berikut:
  1. Zikir dengan ucapan, yakni mengucapkan lafal-lafal yang di dalamnya terdapat keagungan nama-Nya. Contohnya yaitu tahmid, tahlil, takbir, tasbih, membaca Al-Qur’an, dan juga shalawat.
  2. Zikir dengan hati yakni dengan cara bertafakur serta merenungkan ciptaan Allah Swt. sehingga timbul di dalam pikiran bahwa Allah Swt. adalah Zat Yang Maha Kuasa.
  3. Zikir dengan perbuatan yakni menaati perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya. Baca juga Perhatikan pernyataan berikut ini. “Allah memiliki nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada- Nya dengan menyebutnya. Tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” Pernyataan ini terdapat dalam Al-Qur’an. Tuliskan dalil naqli yang menjelasan pernyataan tersebut!
Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai bagaimana cara berzikir sesuai dengan ketentuan, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close