JELASKAN REPRODUKSI SEKSUAL PARAMECIUM

Berikut Penjelasan Reproduksi Seksual Paramecium - Kita jelahi dulu apa pengertian Paramecium adalah salah satu organisme yang terbilang paling sederhana yang berada di planet kita ini, dan dipelajari secara ekstensif untuk dapat memahami bagaimana cara organisme lain yang mungkin berfungsi. Baik itu dalam kebiasaan makan, gerak dan cara reproduksi, organisme kecil ini menunjukan karakteristik penasaran. Paramecium ditemukan dalam habitat air, di mana ada cukup pasokan makanan.

Paramacium mudah tersedia dan organisasi seluler sederhana yang membuatnya menjadi protozoa representatif untuk penelitian ilmiah. Dalam hal ini sebelum kita akan membahas langsung mengenai reproduksi paramecium, mari kita mencoba terlebih dahulu untuk dapat memahami klasifikasi dan strukturnya.
Ciri Ciri Paramecium
#ReproduksiParamecium

Ciri Ciri Paramecium
  1. Memiliki bentuk tubuh yang tetap. 
  2. Bentuk tubuh tumpul pada ujung depan, melebar pada bagian tengah dan lancip pada bagian belakang. 
  3. Memiliki alat gerak berupa bulu getar (cillia). 
  4. Cilia berfungsi sebagai alat gerak untuk mengambil makanan dan memasukkan makanan serta sebagai penerima rangsangan. 
  5. Tubuh dilindungi oleh membran fleksibel yang disebut pelikel. Didalam pelikel terdapat sitoplasma. Sitoplasma dibedakan atas endoplasma dan ektoplasma. Pada ektoplasma terdapat spindel yang disebut trikosist tempat keluarnya cillia. 
  6. Dalam sel Paramaecium terdapat inti makro (makronukleus) dan inti mikro (mikronukleus). Inti makro berfungsi dalam metabolisme, sedangkan inti mikro berfungsi dalam reproduksi. 
  7. Pada bagian tengah terdapat celah mulut (oral groove) dan bagian dalamnya membentuk mulut sel (cytostom) dengan saluran pendek yang dinamakan sitofaring. Zat-zat yang berupa sisa metabolisme dikeluarkan dari tubuh melalui sitofage. Vakuola makanan berfungsi mencerna makanan, sedangkan vakuola kontraktil berfungsi mengeluarkan kelebihan air atau osmoregulasi (mengatur tekanan osmosis dalam darah) dan mengedarkan zat makanan. 
  8. Paramaecium hidup di air tawar yang banyak mengandung sisa-sisa organisme dan mudah ditemukan pada air rendaman jemaran atau rumput. 
  9. Reproduksi secara seksual dengan cara konjugasi dan secara aseksual dengan cara pembelahan.
Reproduksi Paramecium

Penjelesannya yaitu Paramecium bereproduksi secara aseksual (membelah diri dengan cara transversal), dan seksual (dengan konjugasi). Paramecium bergerak dengan menggetarkan silianya. Hal ini akan terlihat jika menggunakan mikroskop.

Mereka menangkap makanan dengan cara menggetarkan silianya, maka terjadi aliran air keluar dan masuk mulut sel. Saat itulah bersamaan dengan air masuk bakteri bahan organik atau hewan uniseluler lainnya. memiliki vakuola makanan yang berfungsi untuk mencerna dan mengedarkan makanan, serta vakuola berdenyut yang berguna untuk mengeluarkan sisa makanan.

Paramecium bereproduksi secara seksual dan aseksual. Reproduksi seksual dengan cara konjugasi. Adapun reproduksi aseksual dengan cara pembelahan biner.

Berikut ini adalah tahapan reproduksi seksual pada Paramecium
  • Reproduksi seksual diawali dengan saling melekatnya oral grove. 
  • Inti makro melebur dan inti mikro mengalami serangkaian pembelahan. 
  • Pembelahan inti mikro selesai. 
  • Inti mikro dari setiap Paramecium berpindah ke area di antara kedua Paramecium. 
  • Inti mikro membelah secara mitosis. 
  • Inti mikro melebur membentuk satu inti mikro di setiap Paramecium. 
  • Melalui serangkaian proses pembelahan, terbentuklah inti makro. Kedua Paramecium memisahkan diri. 
  • Setiap Paramecium membelah dan menghasilkan empat Paramecium muda.
Demikian penjelasan singkat tentang sistem reproduksi seksual paramecium. Semoga dengan membaca artikel ini kalian mendapatkan manfaatnya.
Ika
Ika Admin Blog, Penulis Blog, Internet Marketing, Web Design

No comments for "JELASKAN REPRODUKSI SEKSUAL PARAMECIUM"