Sebuah Eksperimen Menggunakan Dua Celah Seperti Yang Ditunjukkan Oleh Gambar 5.15. Pada Eksperimen, Frekuensi Yang Digunakan Untuk Membuat Riakan Adalah Tetap, Yaitu 20 Hz.Anggap Gelombang Pertama Mengikuti Hukum Kuadrat Terbalik Dengan Celah Pertama Sebagai Titik Sumber Gelombang. Tentukan Perbandingan Intensitas Dari Titik X:Y. A. Anggap Amplitudo Yang Terbentuk Pada Gelombang Dari Celah Kedua Selalu Sama, Yaitu A. Tentukan Simpangan Gelombang Di Titik P Dan Titik Q. B. Tentukan Cepat Rambat Gelombang Dari Kedua Gelombang Pada Celah Kedua. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 126 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]

Sebuah eksperimen menggunakan dua celah seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 5.15. Pada eksperimen, frekuensi yang digunakan untuk membuat riakan adalah tetap, yaitu 20 Hz.Anggap gelombang pertama mengikuti hukum kuadrat terbalik dengan celah pertama sebagai titik sumber gelombang. Tentukan perbandingan intensitas dari titik x:y. a. Anggap amplitudo yang terbentuk pada gelombang dari celah kedua selalu sama, yaitu A. Tentukan simpangan gelombang di titik P dan titik Q. b. Tentukan cepat rambat gelombang dari kedua gelombang pada celah kedua. [Soal “Cek Pemahaman” Hal. 126 Fisika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Fisika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Fisika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal “Cek Pemahaman” Halaman 126 Fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Sebuah eksperimen menggunakan dua celah seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 5.15. Pada eksperimen, frekuensi yang digunakan untuk membuat riakan adalah tetap, yaitu 20 Hz.Anggap gelombang pertama mengikuti hukum kuadrat terbalik dengan celah pertama sebagai titik sumber gelombang. Tentukan perbandingan intensitas dari titik x:y.
a. Anggap amplitudo yang terbentuk pada gelombang dari celah kedua selalu sama, yaitu A. Tentukan simpangan gelombang di titik P dan titik Q.
b. Tentukan cepat rambat gelombang dari kedua gelombang pada celah kedua.

Jawaban Dan Pembahasan : (Soal “Cek Pemahaman” Halaman 126)
Menentukan perbandingan intensitas dari titik x:y:
Rasio jarak antara titik x dengan y yaitu 5 cm : 15 cm. Maka perbandingan intensitas dari titik x:y adalah sebagai berikut :
    Ix  =  ry²
    Iy      rx²
        = (15 cm)²
            (5 cm)²
        = (0,15 m)²
            (0,05 m)²
        = 0,0225 m²
            0,0025 m²
        = 0,0009 m²
            0,0001 m²
        
            1
Jadi, perbandingan intensitas dari titik x:y yaitu 9/1

a. Menentukan simpangan gelombang di titik P dan titik Q :
Di titik P kedua gelombang akan bertemu di titik yang menunjukkan kedua gelombang sefase, maka simpangan gelombang di titik P yaitu Atotal = A + A = 2A. Sedangkan di titik Q gelombang 1 dan gelombang 2 akan berlawanan fase, maka simpangan kedua gelombang tersebut di titik Q yakni Atotal = A + (-A) = 0.

b. Menentukan cepat rambat gelombang dari kedua gelombang pada celah kedua :
    v = λ . f
       = 5 cm . 20 Hz
       = 0,05 m . 20 Hz
       = 1 m/s
Jadi, cepat rambat gelombang dari kedua gelombang pada celah kedua yaitu 1 m/s


Itu dia tadi pembahasan soal Fisika mengenai “Sebuah eksperimen menggunakan dua celah seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 5.15. Pada eksperimen, frekuensi yang digunakan untuk membuat riakan adalah tetap, yaitu 20 Hz.Anggap gelombang pertama mengikuti hukum kuadrat terbalik dengan celah pertama sebagai titik sumber gelombang. Tentukan perbandingan intensitas dari titik x:y. a. Anggap amplitudo yang terbentuk pada gelombang dari celah kedua selalu sama, yaitu A. Tentukan simpangan gelombang di titik P dan titik Q. b. Tentukan cepat rambat gelombang dari kedua gelombang pada celah kedua.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url