Sebutkan 3 Rukun Khutbah Jum’at? [Soal Hal. 132-135 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]

Sebutkan 3 rukun Khutbah Jum’at? [Soal Hal. 132-135 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Halaman 132-135 PAI SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Soal Uraian Nomor 2 :
Sebutkan 3 rukun Khutbah Jum’at?


Jawaban : (soal uraian nomor 2)
Rukun Khutbah antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Membaca Hamdalah di kedua Khutbah.
  2. Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.
  3. Berwasiat tentang taqwa kepada diri dan juga jamaah.
  4. Membaca satu atau beberapa ayat suci Al-Qur’an di kedua khutbah.
  5. Berdoa di khutbah kedua untuk memohon ampunan, keselamatan dan juga kesejahteraan untuk kaum muslimin dan juga muslimat baik di dunia maupun di akhirat.

Pembahasan : (soal uraian nomor 2)
Umumnya, palaksanaan Khutbah apabila dikaitkan dengan shalat bisa dibagi atau dikelompokkan menjadi tiga bagian, antara lain yaitu :
  1. Khutbah sebelum shalat, misalnya yakni Khutbah Jum’at.
  2. Khutbah sesudah shalat, misalnya yaitu Khutbah Shalat ’Idain (sholat Idul Fitri dan Idul Adha), Shalat Kusuf (gerhana matahari) dan juga Shalat Khusuf (gerhana bulan), Shalat Istisqa’ (shalat minta turun hujan), dan khutbah pada saat Wukuf di padang Arafah (pada tanggal 9 Dhulhijjah)
  3. Khutbah yang tidak berkaitan dengan shalat, misalnya yaitu Khutbah Nikah.
Dari beragam jenis khutbah di atas, ada hal yang sangat penting untuk diketahui, yaitu Khutbah Jum’at. Karena, Khutbah Jumat membutuhkan rukun yang harus dipenuhi agar ibadahnya menjadi sah, dan juga sesuai dengan aturan. Apabila, salah satu rukun tidak bisa terpenuhi, maka khutbahnya menjadi tidak sah.


Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai “Sebutkan 3 rukun Khutbah Jum’at?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url