Rasulullah Saw. Bersabda, ‘’Kalian Tak Akan Masuk Surga, Sampai Kalian Beriman Dan Saling Mencintai. Maukah Kalian Aku Tunjukkan Satu Amalan, Jika Dilakukan Membuat Kalian Saling Mencintai? Itu Adalah Sebarkan Salam’’ (HR. Muslim Dari Abu Hurairah). Sebutkan 3 Kandungan Makna Dari Kalimat Sebarkan Salam’’? (Soal Hal.59-62 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka)


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Halaman 59-62 PAI SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Rasulullah Saw. bersabda, ‘’Kalian tak akan masuk surga, sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan satu amalan, jika dilakukan membuat kalian saling mencintai? Itu adalah sebarkan salam’’ (HR. Muslim dari Abu Hurairah). Sebutkan 3 kandungan makna dari kalimat sebarkan salam’’?

Jawaban :
Rasulullah Saw. bersabda, ‘’Kalian tak akan masuk surga, sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan satu amalan, jika dilakukan membuat kalian saling mencintai? Itu adalah sebarkan salam’’ (HR. Muslim dari Abu Hurairah).
3 kandungan makna dari kalimat sebarkan salam yaitu :
  1. Menjaga sikap dan juga perilaku dari menyakiti & berbuat aniaya kepada pihak lain;
  2. Setiap muslim harus menebarkan manfaat dan juga maslahat untuk pihak lain;
  3. Memiliki tekad untuk menjaga seluruh anggota badannya melukai pihak lain.

Pembahasan :
Menyebarkan salam berarti menyebarkan kedamaian. Hal ini sebab, kata salam memiliki kandungan makna kedamaian, keselamatan, dan juga keamanan. Oleh karena itu, orang yang mengucapkan salam, hakikatnya mengucapkan do’a kepada pihak yang diberikan salam, agar selalu atau senantiasa memperoleh kedamaian, kasih sayang, dan juga berkah dari Allah Swt.

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai “Sebutkan 3 Kandungan Makna Dari Kalimat Sebarkan Salam’’?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url