Setelah Mengerjakan Aktivitas Tersebut, Jelaskanlah Perbedaan Antara Kebutuhan Dan Keinginan? Mengapa Kalian Harus Memutuskan Suatu Hal, Baik Itu Kebutuhan Maupun Keinginan, Berdasarkan Prioritas?

Setelah mengerjakan aktivitas tersebut, jelaskanlah perbedaan antara kebutuhan dan keinginan? Mengapa kalian harus memutuskan suatu hal, baik itu kebutuhan maupun keinginan, berdasarkan prioritas? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 1 Halaman 153-154 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
  • Setelah mengerjakan aktivitas tersebut, jelaskanlah perbedaan antara kebutuhan dan keinginan?
  • Mengapa kalian harus memutuskan suatu hal, baik itu kebutuhan maupun keinginan, berdasarkan prioritas?

Jawaban Dan Pembahasan :
Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dapat kita lihat dari berbagai aspek :
  1. Sifat: kebutuhan itu bersifat objektif atau mengikat, sedangkan keinginan bersifat Subjektif atau tidak mengikat
  2. Dampak: apabila kebutuhan terpenuhi akan mendapatkan manfaat, sedangkan apabila keinginan terpenuhi akan mendapatkan kepuasan.
  3. Tolak ukur: yang menjadi tolak ukur kebutuhan yaitu fungsi, sedangkan yang menjadi tolak ukur keinginan yaitu selera.
• Kita harus memutuskan suatu hal, baik itu kebutuhan maupun keinginan, berdasarkan prioritas, hal ini karena dengan kita menggunakan skala prioritas, maka diharapkan kita bisa mengetahui kebutuhan mana yang harus kita dahulukan pemenuhannya terlebih dahulu, dan kebutuhan mana yang dapat kita tunda dulu pemenuhannya. Sehingga kemudian kita bisa memenuhi kebutuhan dengan tepat dan juga sesuai dengan kemampuan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Setelah mengerjakan aktivitas tersebut, jelaskanlah perbedaan antara kebutuhan dan keinginan? Mengapa kalian harus memutuskan suatu hal, baik itu kebutuhan maupun keinginan, berdasarkan prioritas?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url