Artikel Tersebut Menjelaskan Pendekatan Geografi Apa? Mengacu Dari Berbagai Konsep Geografi, Kawasan Industri Rungkut Termasuk

Artikel tersebut menjelaskan pendekatan geografi apa? Mengacu dari berbagai konsep geografi, Kawasan Industri Rungkut termasuk - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Evaluasi Halaman 306-309 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka 

Soal Pilihan Ganda :
1. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran,
Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo
Pada tanggal 1 April 2017 terjadi bencana tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Dampak dari bencana tersebut telah menimbun puluhan rumah penduduk serta puluhan korban jiwa. Faktor penyebab terjadinya bencana tanah longsor tersebut berdasarkan Naryanto, dkk. (2019) adalah kemiringan lahan, pelapukan batuan breksi vulkanik yang membentuk tanah menjadi daerah perbukitan yang curam, curah hujan tinggi serta alihfungsi lahan yang awalnya hutan lindung menjadi lahan pertanian holtikultura.
Sumber artikel: Naryanto, H. S., Soewandita, H., Ganesha, D., Prawiradisastra, F., & Kristijono, A. (2019). Analisis Penyebab Kejadian dan Evaluasi Bencana Tanah Longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur Tanggal 1 April 2017. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(2), 272-282.
Artikel tersebut menjelaskan pendekatan geografi apa?
a. Pendekatan keruangan
b. Pendekatan kelingkungan/ekologi
c. Pendekatan kompleks wilayah
d. Semua salah
Jawaban : B

2. Bacalah informasi di bawah ini!
Kawasan Industri Rungkut didirikan sejak tahun 1974 di atas lahan seluas 245 hektar yang dapat menampung 267 perusahaan. Kawasan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terdapat berbagai fasilitas yang disewakan di Kawasan industri tersebut mulai bangunan pabrik, gudang, pengolahan air limbah, perkantoran dan lain-lain. Kawasan industri ini dapat menampung sekitar 50.000 orang.
Sumber: https://sier.id/ dan https://bumd.jatimprov.go.id/bumd/sier/profil
Mengacu dari berbagai konsep geografi, Kawasan Industri Rungkut termasuk…
a. Konsep nilai kegunaan
b. Konsep aglomerasi
c. Konsep Interaksi dan Interdependensi
d. Konsep Pola
Jawaban : B

3. Bacalah informasi di bawah ini! Untuk soal no 3 dan 4.
Gunung Merapi yang terletak di Provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah termasuk salah satu gunung teraktif di Indonesia. Untuk mengurangi dampak bencana erupsi Gunung Merapi maka pengawasan aktivitas vulkanisme dilakukan oleh Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Setidaknya terdapat 16 kamera pengamatan untuk mengamati kondisi di sekitar Gunung Merapi dan pemantauan visual dengan menggunakan wahana satelit. Gambar di bawah ini adalah contoh hasil citra satelit dan kamera pengamatan Gunung Merapi.
Berdasarkan informasi di atas, data mengenai aktivitas Gunung Merapi diperoleh melalui…
a. Peta
b. Sistem Informasi Geografis
c. Penginderaan jauh
d. Atlas
Jawaban : C

4. Temukan pernyataan di bawah ini yang bukan termasuk manfaat dari pemantauan aktivitas gunung berapi?
a. Untuk mengurangi dampak dan risiko bencana apabila erupsi
b. Memberikan informasi terkini aktivitas vulkanisme gunung berapi
c. Untuk membuat rencana dan strategi mengenai metode penanganan bencana
d. Untuk memberikan informasi mengenai kandungan mineral dari bahan material yang keluar dari gunung
Jawaban : D

5. Perhatikan tabel di bawah ini!
Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia
  • Mineral logam yaitu besi, emas primer, tembaga, nikel, bauksit, dan perak.
  • Bahan galian sumber energi yaitu minyak bumi, gas bumi dan batu bara.
Berdasarkan informasi SDA di atas berasal dari sfera…
a. Atmosfer
b. Litosfer
c. Biosfer
d. Hidrosfer
Jawaban : B

Soal Uraian (klik pada soal urain untuk melihat pembahasannya)
Itu dia tadi pembahasan soal pada mata pelajaran IPS, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url