Jelaskan Hubungan Antara Tempat Tinggal Kalian Baik Dengan Desa Maupun Kota Di Daerah Kalian! Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia Atau Kegiatan Yang Membuat Orang Berpindah Atau Bepergian Dari Desa-Kota Dan Sebaliknya. Apabila Kalian Tinggal Di Kota Maupun Daerah Pinggiran Kota: Kebutuhan Kota Apa Yang Ditopang Oleh Desa?

Jelaskan hubungan antara tempat tinggal kalian baik dengan desa maupun kota di daerah kalian! Sumber daya alam, sumber daya manusia atau kegiatan yang membuat orang berpindah atau bepergian dari desa-kota dan sebaliknya. Apabila kalian tinggal di kota maupun daerah pinggiran kota: kebutuhan kota apa yang ditopang oleh desa? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 15 Halaman 302 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
  • Jelaskan hubungan antara tempat tinggal kalian baik dengan desa maupun kota di daerah kalian! Sumber daya alam, sumber daya manusia atau kegiatan yang membuat orang berpindah atau bepergian dari desa-kota dan sebaliknya.
  • Apabila kalian tinggal di kota maupun daerah pinggiran kota: kebutuhan kota apa yang ditopang oleh desa?

Jawaban Dan Pembahasan :
Jelaskan hubungan antara tempat tinggal kalian baik dengan desa maupun kota di daerah kalian! Sumber daya alam, sumber daya manusia atau kegiatan yang membuat orang berpindah atau bepergian dari desa-kota dan sebaliknya.
Perbandingan karakteristik antara desa dan kota terdekat yakni pada infrastruktur yang dimiliki, masyarakat perkotaan mempunyai sarana atau prasarana yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan desa. Tetapi, tidak mungkin untuk membandingkan kedua hal ini karena kebutuhan dari kedua komunitas tersebut sangatlah berbeda.
Sarana dan prasarana yang diperlukan oleh masyarakat pedesaan biasanya sederhana namun primer, misalnya yakni seperti jaringan listrik, irigasi, dan berbagai hal terkait lainnya, sedangkan untuk sarana dan prasarana yang diperlukan masyarakat di perkotaan misalnya yakni seperti gedung olahraga, taman, dan lain sebagainya.
Di Desa tempat saya tinggal, alasan yang membuat orang datang ke kota diantaranya yaitu :
  1. Membeli berbagai jenis kebutuhan yang kemudian untuk di jual kembali di warung atau tokonya.
  2. Memiliki pekerjaan di PT, di desa tempat saya tinggal terdapat banyak sekali warga yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja di PT. Selain bekerja di PT, beberapa warga di desa saya juga ada yang merantau ke luar pulau untuk bekerja di sana.
Apabila kalian tinggal di kota maupun daerah pinggiran kota: kebutuhan kota apa yang ditopang oleh desa?
Perkembangan di daerah perkotaan tidak terlepas dari peran penting desa sebagai daerah penyangga atau penopang. Fungsi desa sebagai daerah penyangga ini disebut sebagai hinterland. Daerah hinterland merupakan daerah yang menyediakan berbagai macam bahan pangan, bahan baku industri, dan juga penyedia tenaga kerja bagi kota-kota yang ada di sekitarnya.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Jelaskan hubungan antara tempat tinggal kalian baik dengan desa maupun kota di daerah kalian!. Apabila kalian tinggal di kota maupun daerah pinggiran kota: kebutuhan kota apa yang ditopang oleh desa?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url