Berdasarkan Artikel Di Atas, Temukan Kelangkaan Apa Yang Terjadi? Mengapa Terjadi Kelangkaan Tersebut? Jelaskan Faktor-Faktor Penyebabnya!

Berdasarkan artikel di atas, temukan kelangkaan apa yang terjadi? Mengapa terjadi kelangkaan tersebut? Jelaskan faktor-faktor penyebabnya! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 2 Halaman 156-161 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Berdasarkan artikel di atas, temukan kelangkaan apa yang terjadi? Mengapa terjadi kelangkaan tersebut? Jelaskan faktor-faktor penyebabnya!

Jawaban :
Berdasarkan artikel di atas, kelangkaan yang terjadi adalah kelangkaan pangan. Kelangkaan pangan tersebut dapat terjadi karena kebutuhan akan kualitas dan jumlah pangan terus meningkat, sementara areal pertanian semakin menyusut atau berkurang.
Kemudian, berikut di bawah ini adalah faktor-faktornya:
  1. Keterjangkauan: dinilai berdasarkan kemampuan daya beli yang dimiliki oleh konsumen/pembeli untuk membeli bahan pangan.
  2. Ketersediaan: dinilai berdasarkan kemampuan produsen bahan pangan untuk menyediakan bahan pangan yang cukup di dalam negeri.
  3. Halangan: dinilai dari resiko yang dapat terjadi sehingga dapat mengurangi ketersediaan bahan pangan.

Pembahasan :
Kelangkaan merupakan salah satu masalah ekonomi yang paling dasar yang merupakan ketidak seimbangan antara kebutuhan dari konsumen dan juga alat pemuas kebutuhan yang tersedia di wilayah atau daerah tersebut. Meningkatnya jumlah penduduk bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong terjadinya kelangkaan karena meningkatnya jumlah kebutuhan di suatu wilayah atau daerah. Di lain sisi, konversi lahan tani menjadi sektor industri terus menerus terjadi yang diamana hal tersebut dapat mengakibatkan atau membuat produksi bahan pangan menjadi semakin menyusut atau menurun.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Berdasarkan artikel di atas, temukan kelangkaan apa yang terjadi? Mengapa terjadi kelangkaan tersebut? Jelaskan faktor-faktor penyebabnya!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url