Mengapa Terdapat Heterogenitas Sosial?

Mengapa terdapat heterogenitas sosial? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Evaluasi Halaman 140-143 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal nomor 4 esai :
Mengapa terdapat heterogenitas sosial?
Jawaban :
Secara sosiologis, heterogenitas sosial bisa terjadi karena terdapatnya keragaman identitas sosial, identitas individu, adanya pelapisan sosial, sistem lapisan sosial dan juga diferensiasi sosial.
Pembahasan :
Heterogenitas sosial/keberagaman masyarakat adalah suatu pengelompokan di masyarakat yang didasarkan pada perbedaan peran dan juga fungsi yang dimiliki oleh setiap individu maupun kelompok. Perbedaan tersebut yakni meliputi ras, agama, suku bangsa, dan juga antar golongan. Suatu masyarakat dapat terbentuk karena adanya suatu perbedaan, sementara perbedaan sendiri bisa menjadikan kehidupan di dalam bermasyarakat menjadi lebih beragam. Heterogenitas sosial dibagi menjadi dua, termasuk heterogenitas jenis kelamin dan heterogenitas profesi. Karena adanya suatu perbedaan di dalam masyarakat yakni seperti jenis kelamin dan profesi sehinggga terbentuklah heterogenitas sosial.

Selain kelompok dan individu di dalam masyarakat berbeda, di dalam heterogenitas/keragaman juga terdapat suatu homogenitas, misalnya yakni persamaan yang dibangun berdasarkan suku yang sama, misalnya yaitu sesama Suku Sunda, sesama Suku Melayu.

Dengan demikian, secara sosiologis, heterogenitas sosial bisa terjadi karena terdapatnya keragaman identitas sosial, identitas individu, adanya pelapisan sosial, sistem lapisan sosial dan juga diferensiasi sosial.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Mengapa terdapat heterogenitas sosial?, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url