Latihan Soal TPS Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis UTBK 2023 Lengkap Dengan Jawabannya

Latihan soal TPS Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis UTBK 2023 lengkap dengan jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan soal TPS Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis UTBK 2023 lengkap dengan jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan soal TPS Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis UTBK 2023 lengkap dengan jawabannya :

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1—4.
(1) Indonesia memiliki kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. (2) Netizen Indonesia sering kali menggunakan kata wkwk (baca: weka-weka) untuk ekspresi kala gembira, senang dan geli tersebut. (3) Penggunaan kata wkwk di Indonesia bisa dikatakan sangat unik. (4) Warga dunia biasanya memilih istilah laugh out loud yang sering kali disingkat LOL atau haha untuk menggambarkan situasi tertawa. (5) Adapun, wkwk hanya digunakan orang Indonesia. (6) [...], dari mana kata wkwk itu berasal?
(7) Para anggota Quora asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut. (8) Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho menuturkan bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online. (9) Penggunaan kata haha dianggap sangat formal di dunia game. (10) Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata huehue dan huahua untuk ekspresi tertawa. (11) Nah, sama seperti gua menjadi gw, huruf U yang ada di huehue dan huahua diubah menjadi W sehingga pemain memilih menggunakan kata hwhwhw. (12) Kemudian, kata itu berubah lagi menjadi wkwk dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan haha. (13) Pemain game online bisa mengetikkan huruf W tanpa menggerakkan tangan kiri, sedangkan huruf K bisa diketik tanpa menggerakkan tangan kanan.

Topik : Ejaan
Subtopik : Konsep Kilat Penggunaan Tanda Baca (NEW!), Konsep Kilat Penulisan Kata (NEW!)
1. Kalimat yang bebas dari kesalahan penulisan adalah ....
A. (2)
B. (4)
C. (5)
D. (11)
E. (12)
Jawaban : D
Pembahasan :
Soal ini sangat umum. Kesalahan yang dimaksud bisa disebabkan ketidakefektifan, ketidakbakuan, atau kesalahan dalam penggunaan ejaan. Kalimat yang bebas dari kesalahan penulisan adalah kalimat (11).
  • Kalimat (2) kekurangan tanda koma di sebelum kata dan. Perincian yang lebih dari dua harus dipisahkan tanda koma pada setiap unsurnya.
  • Kalimat (4) mengandung singkatan LOL yang menggunakan huruf miring. Singkatan tidak menggunakan huruf miring meskipun merupakan singkatan yang berasal dari bahasa asing.
  • Kalimat (5) kelebihan tanda baca koma setelah kata adapun.
  • Kalimat (12) mengandung kesalahan pembentukan kata. Kata diketik tidak tepat karena kata dasarnya adalah tik bukan ketik. Imbuhan di- ditambahkan pada kata dasar tik menjadi ditik, bukan diketik.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Topik : Kata, Frasa, Makna, dan Konjungsi
Subtopik : Konsep Kilat Konjungsi (NEW!)
2. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat (6) agar padu adalah ....
A. dengan demikian
B. lantas
C. jadi
D. sebenarnya
E. namun
Jawaban : B
Pembahasan :
Soal ini menanyakan konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada kalimat (6). Untuk menentukan konjungsi yang tepat, kita perlu mengetahui hubungan di antara kalimat (5) dan (6), (5) Adapun, wkwk hanya digunakan orang Indonesia. (6) [...], dari mana kata wkwk itu berasal?. Kalimat (5) membicarakan kata wkwk yang hanya digunakan di Indonesia. Kalimat (6) melanjutkan kalimat (5) dengan menanyakan dari mana asal kata wkwk tersebut. Konjungsi yang tepat untuk melanjutkan informasi adalah lantas yang bermakna lalu atau kemudian.
  • Pilihan jawaban A dan C tidak tepat karena konjungsi dengan demikian dan jadi digunakan untuk menunjukkan hubungan simpulan.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena konjungsi sebenarnya bukan merupakan konjungsi, melainkan adverbia.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena konjungsi namun digunakan untuk menunjukkan hubungan pertentangan.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Topik : Kalimat dan Wacana
Subtopik : Konsep Kilat Wacana (NEW!)
3. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. anggota Quora berlomba menjawab asal katawkwk
B. wkwk berasal dari komunitas game online
C. asal mula munculnya kata wkwk
D. wkwk muncul karena kebiasaan para pemain game online
E. salah satu pendapat mengenai asal kata wkwk
Jawaban : E
Pembahasan :
Ide pokok adalah hal yang dibicarakan dalam sebuah teks atau paragraf. Ide pokok mencakup hal utama yang dibicarakan dan penjelasnya.
Paragraf kedua berisi penjelasan dari mana asal kata wkwk berasal. Penjelasan tersebut berasal dari seorang pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto. Artinya, asal kata wkwk dalam paragraf kedua merupakan sebuah pendapat yang dikemukakan oleh pengguna Quora tersebut.
  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena paragraf kedua tidak menjelaskan perihal pengguna Quora yang berlomba menjawab pertanyaan mengenai asal kata wkwk.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena kalimat ini berbunyi seakan-akan asal kata tersebut memang berasal dari sana, sedangkan pada awal kalimat dijelaskan bahwa itu hanya pendapat dari seorang pengguna Quora.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena paragraf 2 membicarakan pendapat netizen terkait asal mula kata wkwk.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena pernyataan tersebut merupakan penjelas bagi paragraf kedua.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Topik : Kalimat dan Wacana
Subtopik : Konsep Kilat Kalimat (NEW!)
4. Gagasan utama kalimat (8) adalah …
A. Salah satu pengguna Quora bernama Dio Wijayanto.
B. Dio Wijayanto Nugroho menuturkanwkwk lahir di komunitas game online.
C. Pengguna Quora menuturkan wkwk lahir di komunitas game online.
D. Kata wkwk lahir di komunitas game online.
E. Nugroho menuturkan kata wkwk di komunitas game online.
Jawaban : D
Pembahasan :
Gagasan utama kalimat adalah hal pokok yang dibicarakan dalam sebuah kalimat. Gagasan utama dalam sebuah kalimat biasanya terletak pada unsur intinya, yakni subjek dan predikat. Akan tetapi, pada sebuah kalimat aktif transitif tersebut terdapat kata bahwa sebagai kata penghubung untuk mendahului anak kalimat yang menjadi pokok kalimat. Oleh karena itu, gagasan utamanya terletak pada klausa objek tersebut.
Kalimat Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho menuturkan bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online. mengandung objek yang diperluas. Dengan demikian, gagasan utama pada kalimat ini terletak pada klausa objeknya. Secara keseluruhan, struktur kalimat tersebut adalah
  • Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho → subjek
  • menuturkan → predikat
  • bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online → objek
Analisis klausa anak perluasan objeknya adalah
  • kata wkwk → subjek
  • lahir → predikat
  • di komunitas game online → keterangan.
Jadi, yang dibicarakan adalah kata wkwk lahir di komunitas game online. Keterangan pada kalimat tersebut berfungsi untuk memperjelas kalimatnya. Sementara itu, pilihan jawaban A, B, C, dan E tidak tepat karena subjek yang digunakan bukan kata wkwk.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.


Itu dia tadi Latihan soal TPS Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis UTBK 2023 lengkap dengan jawabannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url