Latihan Soal Literasi Bahasa Indonesia SNBT 2023 Lengkap Dengan Pembahasannya

Latihan soal Literasi Bahasa Indonesia SNBT 2023 lengkap dengan pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan soal Literasi Bahasa Indonesia SNBT 2023 lengkap dengan pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan soal Literasi Bahasa Indonesia SNBT 2023 lengkap dengan pembahasannya :

Perhatikan ilustrasi dan teks berikut untuk menjawab soal nomor 17-18!
Setiap orang tentunya ingin sejahtera secara keuangan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mengelola keuangan pribadi yang benar. Padahal, pengelolaan keuangan pribadi yang benar tentu akan mempermudah kita untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Terdapat empat strategi pengelolaan keuangan pribadi yang dapat dilakukan untuk meraih kekayaan secara finansial.
Strategi pertama adalah menabung dan berinvestasi setiap bulan. Era sekarang ini kita harus memprioritaskan penghasilan yang didapatkan tidak hanya untuk ditabung, tetapi juga untuk berinvestasi. Melalui investasi yang baik, kita bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Strategi kedua adalah penghematan. Salah satu bentuk penghematan yang dapat meningkatkan kesejahteraan adalah mengurangi pengeluaran. Namun, penghematan yang dilakukan lebih kepada pengeluaran yang bersifat konsumtif. Jika diharuskan membeli barang konsumtif, penghematan dapat dilakukan dengan membandingkan harga dan kualitas produk sebelum membeli. Kita dapat membandingkan harga dan kualitas produk di satu toko dengan toko-toko lainnya. Lalu, pilihlah produk dengan kualitas terbaik dan harga termurah agar menghemat pengeluaran. Ketika akan membeli produk keuangan (kartu kredit dan jenis kredit lainnya), kita pun harus membandingkannya terlebih dahulu.
Strategi ketiga adalah membuat anggaran. Banyak orang belum menyadari fungsi dan manfaat anggaran. Robert T. Kiyosaki berpendapat, bahwa orang kaya, orang kelas menengah, dan orang miskin perlu membuat anggaran. Jadi, jika perlu membuat anggaran keuangan untuk mengelola keluar masuknya uang dari kantong kita. Strategi keempat adalah menambah pemasukan. Selain penghasilan yang didapat dari kerja aktif, kita perlu menambah penghasilan dari sumber lain atau bisa disebut dengan pendapatan pasif. Contohnya, pemilik rumah kos yang mendapat pendapatan dari penyewaan kamar. Kemudian pengarang atau penulis buku yang mendapat royalti atas karya dan hasil penjualan bukunya.

17. Berikut ini, pernyataan yang tepat berkaitan dengan teks tersebut adalah ....
A. mencari penghasilan tambahan dan keuntungan besar melalui investasi yang memiliki risiko terkecil.
B. penghematan dapat dilakukan dengan cara menekan pengeluaran kebutuhan yang bersifat prioritas, seperti barang konsumtif.
C. mempertimbangkan penggunaan kartu kredit adalah salah satu bentuk penghematan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah tugas manager.
D. penyewaan properti, pembuatan karya buku, dan karya seni dapat membantu meningkatkan penghasilan tambahan selain penghasilan dari kerja aktif.
E. penyewaan properti, pembuatan karya buku dan karya seni dapat membantu meningkatkan penghasilan tambahan selain penghasilan dari kerja aktif.
Jawaban: E
Pembahasan:
  • Pilihan A tidak tepat. Pada paragraf 2 disebutkan bahwa, menabung dan berinventasi, Melalui investasi yang baik, yang memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Resiko investasi berbanding lurus dengan hasil investasi. Jika resikonya besar maka keuntungan yang didapat semakin besar.
  • Pilihan B tidak tepat. Pada strategi melakukan penghematan disebutkan, ketika akan membeli produk keuangan (kartu kredit dan jenis kredit lainnya), kita harus membandingkannya terlebih dahulu. Jadi, kartu kredit bukan salah satu penghematan yang dapat meningkatkan kesejahteraan. Kartu kredit dapat menambah pengeluaran apabila penggunaannya tidak bijaksana.
  • Pilihan C tidak tepat. Pada strategi ketiga membuat anggaran, Robert T. Kiyosaki berpendapat bahwa, orang kaya, orang kelas menengah, dan orang miskin perlu membuat anggaran. Jadi, kita perlu membuat anggaran keuangan agar dapat merencanakan dan mengelola pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menunjukkan jika manajer bukan satu-satunya pihak yang bisa membuat perencanaan anggaran keuangan.
  • Pilihan D tidak tepat. Pada strategi melakukan penghematan, tidak ada kaitannya penghematan dapat dilakukan dengan cara menekan pengeluaran kebutuhan yang bersifat prioritas.
  • Pilihan E tepat karena pada strategi menambah pemasukan disebutkan, menambah penghasilan dapat dilakukan dengan memperbanyak pendapatan pasif, yakni pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan pasif. Sebagai contoh, pemilik rumah kos akan mendapat pendapatan pasif dari sewa dan pengarang buku akan mendapat pendapatan pasif dari royalti atas penjualan buku karangannya.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

18. Pengelolaan keuangan pribadi yang ditujukan siswa sekolah dasar adalah..
A. Membuat anggaran pemasukan dari orang tua.
B. Memiliki kartu kredit yang dikelola secara mandiri.
C. Memulai investasi untuk mendapatkan keuntungan.
D. Menyewakan barang milik orang tua untuk pemasukan.
E. Menahan untuk membeli barang-barang yang tidak prioritas.
Jawaban: E
Pembahasan:
Soal menanyakan cara pengelolaan keuangan yang cocok untuk anak sekolah dasar. Anak sekolah dasar dapat dikatakan memiliki ketergantungan dengan orang tua untuk memenuhi kebutuhannya. Meski hal ini tidak ditulis secara tersurat di dalam teks akan tetapi dapat dikaitkan dengan cara menghindari membeli barang yang tidak prioritas agar dapat terhindar dari pengeluaran yang bersifat konsumtif. Sehingga, pengelolaan keuangan yang tepat dilakukan oleh anak yang duduk di sekolah dasar adalah dengan cara menahan untuk membeli barang-barang yang tidak prioritas.
  • Pilihan A tidak tepat Jika ingin membuat rencana anggaran, sebaiknya tidak bisa dengan anggaran pemasukan saja akan tetapi anggaran pengeluaran juga perlu dibuat. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan pengeluaran-pengeluaran yang bersifat konsumtif.
  • Pilihan B tidak tepat karena rata-rata anak sekolah dasar belum mampu memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk memiliki kartu kredit.
  • Pilihan C tidak tepat karena investasi memiliki proses yang sulit sehingga tidak bisa dilakukan oleh anak sekolah dasar. Investasi juga membutuhkan modal awal agar bisa simpan dan memberikan keuntungan. Sehingga untuk siswa sekolah dasar metode ini akan tidak cocok.
  • Pilihan D tidak tepat karena menyewakan barang orang tua merupakan perbuatan yang tidak baik dilakukan dan tidak ada kaitannya dengan pengelolaan uang
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no 19-20!
Penghasilan pasif adalah penghasilan yang berasal dari properti sewaan, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktif. Seperti halnya pendapatan aktif, penghasilan pasif biasanya dikenakan pajak, tetapi sering diperlakukan berbeda oleh Internal Revenue Service (IRS). Hal tersebut menjadi pendorong gaya hidup yang lebih mudah dan profesional karena dapat dikerjakan dari rumah dan dikelola sendiri. Penghasilan pasif telah menjadi istilah yang sudah biasa digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk mendefinisikan uang yang diperoleh secara teratur dengan sedikit atau tanpa usaha dari orang yang menerima.
Jenis-jenis penghasilan pasif antara lain pendapatan bunga, properti sewaan, dan bisnis yang tidak melibatkan secara material. Pertama pendapatan bunga, yang dimaksud pendapatan bunga adalah ketika uang dipinjamkan ke kemitraan atau perusahaan, bunga atas pinjaman tersebut dikatakan sebagai pendapatan pasif. Kedua Pendapatan penyewaan properti. Pendapatan dari penyewaan properti adalah pendapatan yang diterima dari pihak lain atas sewa properti. Ketiga bisnis yang tidak melibatkan secara material. Jenis penghasilan pasif ini adalah jenis penghasilan yang terjadi karena adanya perjanjian antara pemilik usaha dengan orang yang berinvestasi (investor). Investor tidak berpartisipasi dalam operasi bisnis selain memasukkan dana ke perusahaan.

19. Pernyataan manakah yang termasuk ke dalam jenis penghasilan pasif?
A. Bonus yang diterima karyawan saat mengerjakan projek tambahan
B. Pendapatan bunga dari dana yang dipinjamkan ke perusahaan lain
C. Upah tenaga kerja yang dihitung berdasarkan jam kerja
D. Penghasilan gaji karyawan yang diterima setiap bulan
E. Penghasilan yang diterima dari usaha sendiri
Jawaban: B
Pembahasan:
Berdasarkan teks bacaan yang terdapat pada soal, penghasilan pasif adalah penghasilan yang berasal dari properti sewaan, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktif. Jenis-jenis penghasilan pasif antara lain pendapatan bunga, properti sewaan, dan bisnis yang tidak melibatkan secara material.
Dari soal tersebut, jawaban yang merupakan jenis penghasilan pasif adalah pendapatan bunga dari dana yang dipinjamkan ke perusahaan lain (Opsi pilihan B). Dijelaskan pada teks bacaan tersebut, pendapatan bunga adalah ketika uang dipinjamkan ke kemitraan atau perusahaan, bunga atas pinjaman tersebut dikatakan sebagai pendapatan pasif.
Pilihan A, C, D, dan E tidak tepat karena pernyataan pada opsi tersebut merupakan contoh dari penghasilan aktif. Penghasilan aktif adalah pendapatan yang dihasilkan karena seseorang terlibat secara aktif dalam suatu pekerjaan. Contoh pendapatan aktif pada seorang karyawan adalah gaji, bonus, dan tunjangan.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

20. Berdasarkan bacaan tersebut, alasan penghasilan pasif lebih mudah dibandingkan dengan penghasilan aktif adalah ….
A. karena penghasilan pasif tidak dikenakan pajak.
B. dapat dimulai dengan mudah tanpa modal yang besar.
C. dapat dikelola secara mandiri dan dikerjakan dimana saja.
D. penghasilan diperoleh dengan usaha yang besar atau maksimal.
E. hasil dari penghasilan pasif lebih besar daripada penghasilan aktif.
Jawaban: C
Pembahasan:
  • Pilihan A tidak tepat karena pada paragraf 1 disebutkan, penghasilan pasif biasanya dikenakan pajak, tetapi sering diperlakukan berbeda oleh Internal Revenue Service (IRS).
  • Pilihan B tidak tepat karena tidak semua penghasilan pasif dimulai dengan cara yang mudah tanpa modal yang besar. Beberapa sumber penghasilan pasif justru membutuhkan modal yang cukup besar seperti, properti, kendaraan, atau dana yang akan dipinjamkan.
  • Pilihan C tepat karena pada paragraf 1 menginformasikan bahwa penghasilan pasif menjadi pendorong gaya hidup yang lebih mudah dan profesional sehingga hal ini dapat dikerjakan dari rumah dan dikelola perorangan.
  • Pilihan D tidak tepat karena penghasilan pasif tidak melibatkan seseorang untuk bekerja atau usaha yang besar.
  • Pilihan E tidak tepat karena penghasilan tergantung besarnya investasi/ modal yang dimiliki.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.


Itu dia tadi Latihan soal Literasi Bahasa Indonesia SNBT 2023 lengkap dengan pembahasannya. Semoga contoh latihan soal di atas bisa menjadi salah satu tambahan referensi untuk bahan belajar kalian. Nantikan contoh - contoh latihan soal lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url