1. Diskusikan Salah Satu Topik Yang Akan Dipilih: Gempa Bumi Dan Tsunami. 2. Buatlah Poster Tentang Tips Menyelamatkan Diri Dari Gempa Bumi Atau Tsunami Dan Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Kedua Hal Tersebut. 3. Informasi Dalam Poster Yang Kalian Buat, Sedapat Mungkin Menjawab Pertanyaan Seperti Bagaimana Peristiwa Tersebut Dapat Terjadi?, Kapan Hal Itu Bisa Terjadi? Siapa Saja Yang Harus Terlibat? Dan Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Menyelamatkan Diri?

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 9 Halaman 274 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
  1. Diskusikan salah satu topik yang akan dipilih: gempa bumi dan tsunami.
  2. Buatlah poster tentang tips menyelamatkan diri dari gempa bumi atau tsunami dan hal-hal yang perlu diketahui tentang kedua hal tersebut.
  3. Informasi dalam poster yang kalian buat, sedapat mungkin menjawab pertanyaan seperti bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi?, kapan hal itu bisa terjadi? siapa saja yang harus terlibat? dan apa saja yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri?

Jawaban Dan Pembahasan :
Misalnya kalian memilih topik gempa, di bawah ini adalah beberapa cara untuk menyelamatkan diri ketika terjadi gempa, yang diharapkan dapat kalian jadikan sebagai salah satu referensi untuk bahan membuat poster sesuai dengan petunjuk soal di atas.
Cara Menyelamatkan Diri Ketika Gempa Secara Umum
Terdapat cara dasar untuk menyelamatkan diri ketika terjadi gempa bumi. Ketika terjadi gempa, cara yang terbaik untuk menyelamatkan diri yaitu dengan metode drop, cover, hold on. Atau dengan kata lain, ketika terjadi gempa kalian harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari penutup kepala & leher, serta tetap berada dan berlindung di tempat tersebut sampai gempa bumi berhenti. Berikut di bawah ini penjelasannya:
  1. Jatuhkan tubuh kalian ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam kalian. Posisi tersebut bisa melindungi kalian dari jatuh serta tetap memungkinkan kalian untuk bergerak apabila perlu.
  2. Cari penutup kepala & leher (dan seluruh tubuh kalian apabila memungkinkan) yakni di bawah meja atau meja yang kokoh. Apabila tidak ada tempat berlindung di dekat kalian, bergeraklah menuju dinding pada bagian dalam atau di samping furnitur posisi rendah yang tidak akan menimpa kalian, dan tutupi kepala dan juga leher kalian dengan lengan & tangan.
  3. Tetap berlindung di tempat tersebut hingga guncangan gempa bumi berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung kalian apabila guncangan membuatnya bergeser atau rusak.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “1. Diskusikan salah satu topik yang akan dipilih: gempa bumi dan tsunami. 2. Buatlah poster tentang tips menyelamatkan diri dari gempa bumi atau tsunami dan hal-hal yang perlu diketahui tentang kedua hal tersebut.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url