Simak! 14 Istilah Penting Terkait SNPMB 2023, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Simak! 14 istilah penting terkait SNPMB 2023, calon mahasiswa harus tahu - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan informasi mengenai 14 istilah penting terkait SNPMB 2023 yang harus diketahui oleh calon mahasiswa.

Calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), harus tahu istilah-istilah penting yang sering muncul dan terkait dengan SNPMB 2023. Ada berbagai macam istilah penting yang terkait dengan SNPMB tahun 2023 saat ini.

Dikutip dari unggahan Instagram @bp3_kemdikbud, berikut di bawah ini adalah istilah-istilah terkait SNPMB 2023 :
1. PTN
PTN merupakan singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri.

2. SNPMB
SNPMB adalah singkatan dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru.

3. UTBK
UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasi Komputer.

4. SNBP
SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.

5. SNBT
SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes.

6. Siswa eligible
Siswa eligible merupakan siswa yang dinyatakan layak dan juga memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP 2023.

7. Pusdatin (Pusat Data dan Teknologi Informasi)
Pusdatin bertugas untuk melaksanakan pernyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan juga pelaporan pengelolaan data dan statistik. Serta, pengembangan dan juga pendayagunaan teknologi informasi pada bidang pendidikan dan kebudayaan dan urusan ketatausahaan pusat.

8. Dapodik (Data Pokok Pendidikan)
Sistem tersebut merupakan sistem pendataan (database) berskala nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lainnya mulai dari status peserta didik, potret setiap satuan pendidikan, jumlah peserta didik, menampilkan data jumlah rombel memenuhi standar atau tidak, serta bagaimana data sarana prasarananya di satuan pendidikan semua akan terpotret di dalam Dapodik.

9. Emis (Education Management Information System)
Aplikasi untuk basis data siswa Madrasah yang terhubung langsung dengan database Kementerian Agama Pusat.

10. PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)
PPDS adalah basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan juga nilai rapor dari siswa yang eligible untuk mendaftar SNBP.

11. Akreditasi
Akreditasi merupakan proses evaluasi serta penilaian kualitas sebuah institusi yang dilaksanakan oleh tim ahli yang disebut sebagai asesor berdasarkan pada standar mutu yang sudah ditetapkan.

12. Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan dokumen/kumpulan hasil karya seseorang atau kelompok yang mempunyai tujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

13. NPSN (Nomor Induk Pokok Sekolah Nasional)
NPSN merupakan kode unik yang terdiri dari 8 digit kode acak yang berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Yang digunakan sebagai tanda pengenal satuan pendidikan yang ditetapkan oleh PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan).

14. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang bisa membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan juga sekolah Indonesia di Luar Negeri, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang mempunyai NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbudristek.

Itu dia tadi informasi mengenai 14 istilah penting terkait SNPMB 2023 yang harus diketahui oleh calon mahasiswa. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url