Latihan Soal SNBT 2023 Literasi Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Pembahasannya

Latihan soal SNBT 2023 literasi Bahasa Indonesia lengkap dengan pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan soal SNBT 2023 literasi Bahasa Indonesia lengkap dengan pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan soal SNBT 2023 literasi Bahasa Indonesia lengkap dengan pembahasannya :

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11
(1) Serial Money Heist Season 5 tayang perdana pada tanggal 3 September 2021 di Netflix. (2) Perlu diketahui bahwa serial itu akan dibagi menjadi dua volume yang tayang pada waktu yang berbeda. (3) Volume pertama akan tayang pada 3 September 2021, sedangkan volume kedua tayang pada 3 Desember 2021.
(4) Sebagai musim terakhir dari serial fenomenal ini, penayangan Money Heist Season 5 tentu telah banyak dinantikan oleh penonton setia Netflix. (5) Money Heist Season 4 dilaporkan mendapatkan jumlah penonton sebanyak 65 juta di seluruh belahan dunia. (6) Serial dengan judul Spanyol La Casa de Papel ini juga berhasil mendapatkan penghargaan di 64th International Emmy Awards dalam kategori Best Drama Series. (7) Menurut penilaian IMDb (Internet Movie Database), rating Money Heist adalah 8,4 dari 10.
(8) Menurut laporan Variety, kesuksesan Money Heist membawa Netflix untuk melakukan adaptasi versi Korea. (9) Netflix akan membuat versi drama Korea dari serial Money Heist yang berasal dari Spanyol. (10) Kim Hong Sun yang dikenal telah memimpin produksi drama action-thriller, seperti Voice dan Black, akan menjadi sutradara dalam series Money Heist versi Korea. (11) Sementara itu, Ryu Yong Jae yang dikenal dengan karyanya My Holo Love dan Psychopath Diary dipercaya menjadi penulis skenario Money Heist versi Korea.

11. Topik: Kalimat dan Wacana
Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)
Konsep: Simpulan (UTBK!)
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A. Money Heist Season 5 akan dibagi menjadi dua season yang tayang pada waktu yang berbeda.
B. Money Heist Season 5 dilaporkan mendapatkan jumlah penonton sebanyak 65 juta di seluruh belahan dunia.
C. La Casa de Papel mendapatkan penghargaan di 64th International Emmy Awards dalam kategori Best Drama Series.
D. Menurut laporan Netflix, kesuksesan Money Heist membawa Variety memutuskan untuk melakukan adaptasi versi Korea.
E. Kim Hong Sun dan Ryu Yong Jae akan menjadi sutradara dan penulis naskah dalam serial Money Heist versi Korea.
Jawaban: C
Pembahasan:
Pernyataan yang sesuai dengan teks adalah pernyataan yang disebutkan dalam teks ataupun tersirat dalam teks. Pernyataan yang tepat sesuai dengan teks adalah pernyataan yang ada di pilihan jawaban C. Hal tersebut sesuai dengan kalimat nomor (6). Sementara itu, pilihan jawaban lainnya tidak tepat. Berikut adalah analisis setiap pilihan jawaban.
  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena Money Heist Season 5 dibagi menjadi dua bagian, bukan dua season.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena yang mendapatkan jumlah penonton sebanyak 65 juta di seluruh belahan dunia adalah Money Heist Season 4.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena yang melaporkan adalah Variety dan hendak membuat Money Heist versi Korea adalah Netflix.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena Kim Hong Sun dan Ryu Yong Jae memiliki peran yang berbeda. Kim Hong Sun adalah sutradara, sedangkan Ryu Yong Jae merupakan penulis naskah Money Heist versi Korea.
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.
(1) Facebook Inc. kini telah resmi berganti nama menjadi Meta. (2) Perubahan nama ini merupakan cara Facebook agar lebih dikenal sebagai perusahaan Metaverse, sebuah lingkungan virtual bersama yang diproyeksikan menjadi penerus internet seluler. (3) CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan secara langsung pergantian nama ini dalam acara konferensi tahunan Connect pada Kamis (28/10/2021). (4) Ia mengatakan bahwa Meta mencerminkan fokus perusahaan yang berinvestasi pada Metaverse.
(5) Menurut Zuck, nama baru perusahaannya, berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘melampaui’, melambangkan bahwa selalu ada yang lebih banyak untuk dibangun. (6) Dari nama baru itu, juga tercermin bahwa seiring waktu pengguna tidak perlu menggunakan Facebook untuk mengakses layanan lainnya. (7) Pada Kamis (28/10/2021), perusahaan juga telah meluncurkan logo baru untuk menggantikan ikon ibu jarinya dengan bentuk infinity biru. (8) Meski Facebook berganti nama dan akan menyatukan berbagai aplikasi dan teknologi besutannya di bawah satu merek baru, struktur perusahaan disebut tidak akan berubah.
(9) Pekan lalu, Facebook, sebelum berganti nama, mengumumkan bahwa mereka akan membuka 10.000 lowongan pekerjaan baru di Eropa terkait Metaverse. (10) Selain merekrut banyak tenaga kerja, Facebook juga menyiapkan akses ke pasar konsumen hingga pusat penelitian yang menunjang Metaverse. (11) Perusahaan juga baru-baru ini mengumumkan investasi 50 juta dolar AS untuk proyek pengembangan Metaverse.
12. Topik: Kalimat dan Wacana
Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)
Konsep: Kepaduan Paragraf (UTBK!)
Mengapa pada paragraf kedua perlu ditambahkan kalimat?
A. Filosofi nama Meta perlu dijelaskan
B. Alasan mengganti nama Facebook menjadi Meta perlu dijelaskan
C. Tidak ada pengantar mengenai penjelasan mengganti logo
D. Logo infinity biru perlu dijelaskan lebih rinci
E. Aplikasi yang disebut di kalimat (8) perlu dirinci
Jawaban: C
Pembahasan:
Penambahan kalimat pada sebuah paragraf dilakukan jika paragraf tersebut mengandung masalah seperti lompatan ide atau kekurangan ide. Pada kalimat (6) ke kalimat (7) terdapat lompatan ide. Kalimat (6) membicarakan perihal pergantian nama, sedangkan kalimat (7) membicarakan logo. Sementara itu, kalimat (8) kembali membahas pergantian nama. Ketiga kalimat tersebut bisa menjadi padu apabila ada kalimat di antara kalimat (6) dan (7) yang bisa menjembatani keduanya).
Oleh karena itu, dibutuhkan kalimat di antara kalimat (6) dan (7) yang berkaitan dengan logo agar ide antara kalimat (6) dan (7) menjadi padu. Perihal logo tertulis pada pilihan jawaban C.
  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena filosofi Meta sudah dijelaskan.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena alasan mengganti nama Facebook menjadi Meta sudah dijelaskan melalui filosofi yang tertulis di paragraf 2.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena penjelasan logo infinity biru bisa diterangkan di paragraf lain.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak perlu ada perincian lebih lanjut terkait aplikasi di kalimat (8).
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

13. Topik: Kalimat dan Wacana
Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)
Konsep: Ide Pokok (UTBK!)
Apakah ide pokok paragraf kedua dalam teks tersebut?
A. Filosofi nama baru Facebook
B. Etimologi nama baru Facebook
C. Proses lahirnya nama baru perusahaan Facebook
D. Nama baru dan tujuan Metaverse pengganti Facebook
E. Pengaruh nama baru Facebook pada struktur perusahaan
Jawaban: A
Pembahasan:
Ide pokok adalah hal yang dibahas dalam sebuah paragraf. Biasanya ide pokok terletak dalam kalimat utama yang posisinya bisa di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Akan tetapi, ide pokok juga bisa tersebar di seluruh kalimat dalam teks. Paragraf yang ide pokoknya tersebar biasanya berupa paragraf naratif atau deskriptif.
Langkah yang harus dilakukan untuk menentukan ide pokok dari sebuah paragraf adalah dengan membaca teksnya dan menentukan hal penting apa yang diterangkan dalam paragraf tersebut.
Hal yang secara umum dibicarakan dalam paragraf kedua terletak pada awal paragraf, yakni nama baru Facebook dan filosofinya. pernyataan ini sesuai dengan pilihan jawaban A.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena teksnya tidak membahas asal-usul nama baru Facebook.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena paragraf tersebut tidak membahas proses lahirnya nama baru Facebook.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena paragraf 2 tidak membahas tujuan penggantian nama Facebook. Ada pula kesalahan informasi karena Metaverse tidak dibuat untuk menggantikan nama Facebook.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena paragraf 2 tidak membahas pergantian struktur.
Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.
(1) Dalam sosialisasi daring "Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022", Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyosialisasikan sejumlah ketentuan terkait penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2022. (2) Terkait dengan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2022, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto, menyampaikan ada perbedaan dalam materi tes di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. (3) Jika di UTBK 2021 materi tes berupa tes potensi skolastik (TPS) dan tes kemampuan akademik (TKA), di UTBK 2022 ada tambahan materi tersendiri berupa Bahasa Inggris.
(4) Dalam pengerjaannya, lanjut Budi, jadwal ujian Bahasa Inggris dilaksanakan bersamaan dengan TPS. (5) Namun, nilai dari hasil ujian tes Bahasa Inggris akan dimasukkan dalam sertifikat UTBK, tidak digabung dengan nilai tes TPS. (6) Sementara untuk hal lainnya, pelaksanaan UTBK 2022 dan 2021 masih relatif sama. (7) Budi juga menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK gelombang satu ataupun kedua akan dilakukan setelah Idulfitri 2022.

14. Topik: Kalimat dan Wacana
Subtopik: Konsep Kilat Wacana (NEW!)
Konsep: Simpulan (UTBK!)
Simpulan yang dapat kita ambil dari teks tersebut adalah ...
A. Dapat disimpulkan bahwa UTBK 2022 sama dengan UTBK 2021.
B. Dengan demikian, Bahasa Inggris tidak diujikan di TPS pada UTBK 2022.
C. Simpulan yang dapat diambil adalah jadwal ujian Bahasa Inggris dilaksanakan bersamaan dengan TPS.
D. Pemaparan tersebut membawa kita pada simpulan bahwa nilai Bahasa Inggris akan dimasukkan dalam sertifikat.
E. Uraian tersebut menunjukkan bahwa UTBK 2022 dilaksanakan setelah Idul Fitri.
Jawaban: B
Pembahasan:
Simpulan sebuah teks dapat ditentukan dengan melihat ide pokok pada setiap paragrafnya. Sebelum menentukan simpulan, tentukan ide pokok tiap-tiap paragraf tersebut.
Paragraf 1 membicarakan bahwa ada perubahan pada UTBK 2022 dengan 2021, yakni adanya penambahan tes Bahasa Inggris di samping TPS dan TKA. Kemudian, paragraf 2 membicarakan teknis dari tes Bahasa Inggris tersebut.
Yang bisa disimpulkan dari kedua informasi tersebut adalah bahwa Bahasa Inggris tetap akan ada dalam UTBK 2022, tetapi tidak dimasukkan ke dalam subtes TPS. Bahasa Inggris akan menjadi tes tersendiri.
  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena UTBK 2021 dan 2022 memiliki perbedaan, yakni pada tes Bahasa Inggris.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena informasi tersebut merupakan penjelas pada paragraf 2.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena pernyataan ini merupakan penjelas dari paragraf 2.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena informasi tersebut hanya menjadi penjelas pada paragraf 2.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.


Itu dia tadi Latihan soal SNBT 2023 literasi Bahasa Indonesia lengkap dengan pembahasannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url