Contoh Soal TPS UTBK 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum Lengkap Dengan Jawabannya

Contoh soal TPS UTBK 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh soal TPS UTBK 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh soal TPS UTBK 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan jawabannya :
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11-14.
(1) Listrik merupakan kebutuhan primer bagi manusia. (2) Listrik sangat bermanfaat bagi keperluan pekerjaan di banyak tempat. (3) Terkadang, ketersediaan daya listrik berkurang sehingga sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir. (4) Pemadaman bergilir ini pastinya sudah banyak dialami oleh siapa pun. (5) Pemadaman juga memberikan dampak pada pengguna, apalagi pemadaman terjadi tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.
(6) Dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya di antaranya adalah terlambatnya laju informasi. (7) Informasi melalui elektronik, seperti handphone, televisi, dan radio, akan sulit didapatkan. (8) Selain itu, terbengkalainya pekerjaan rumah sangat dialami bagi para ibu rumah tangga. (9) Hal itu disebabkan pekerjaan rumah tangga yang biasanya dilakukan dengan bantuan listrik, seperti mencuci dan menyetrika, akan terhambat. (10) Mati listrik juga menyebabkan banyak pengeluaran yang tak terduga, tidak adanya hiburan dari televisi atau radio, meningkatnya risiko tindakan kriminalitas dan para pekerja akan memiliki pekerjaan yang menumpuk.
(11) Dampak umum dari pemadaman listrik tersebut sebenarnya dapat diminimalisir jika memiliki sumber energi listrik seperti genset (generator set). (12) Genset merupakan mesin yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik. (13) Genset menghasilkan arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC) dan keduanya dapat digunakan untuk penerangan.
Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana
11. Apa gagasan utama paragraf kedua?
A. Listrik memberikan dampak positif bagi penggunanya.
B. Pemadaman listrik menghambat pekerjaan rumah.
C. Dampak pemadaman listrik memiliki pengaruh yang bermanfaat bagi para penggunanya.
D. Pemadaman listrik menghambat pekerjaan para penggunanya.
E. Dampak pemadaman listrik bagi para penggunanya.
Jawaban : E
Pembahasan :
Gagasan utama sebuah paragraf terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama tersebut dapat berada di awal paragraf, di akhir paragraf, atau keduanya. Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat di awal paragraf. Sementara itu, kalimat berikutnya adalah kalimat penjelas. Kalimat utama paragraf kedua membicarakan dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya. Kalimat selanjutnya menjelaskan tentang dampak-dampak dari pemadaman listrik.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan
12. Kesalahan penulisan ditemukan pada kalimat ….
A. (3)
B. (5)
C. (10)
D. (11)
E. (13)
Jawaban : D
Pembahasan :
Pada kalimat (11) terdapat kesalahan penulisan kata. Kata minimalisir adalah kata yang tidak baku. Menurut KBBI Edisi V, kata baku dari minimalisir adalah minimalisasi. Dengan begitu, jawaban yang tepat adalah D.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana
13. Apa kesimpulan teks tersebut?
A. Pemadaman listrik bergilir berdampak pada penggunanya dan dapat diminimalisasi dengan penggunaan genset.
B. Dampak pemadaman listrik bergilir disebabkan oleh ketersediaan daya listrik berkurang.
C. Pemadaman listrik bergilir disebabkan oleh banyak faktor yang menimbulkan kerugian bagi penggunanya.
D. Solusi dari pemadaman listrik bergilir agar dapat meminimalisasi dampak bagi para penggunanya.
E. Genset adalah solusi utama bagi pemadaman listrik bergilir.
Jawaban : A
Pembahasan :
Simpulan dalam sebuah teks harus mencerminkan topik dari bacaan. Topik dalam teks tersebut yaitu mengenai pemadaman listrik, dampak pemadaman listrik, dan solusinya. Dari keseluruhan isi teks dapat disimpulkan bahwa pemadaman listrik bergilir berdampak pada penggunanya dan dapat diminimalisasi dengan penggunaan genset.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana
14. Bagaimana hubungan isi antarparagraf ke-2 dan ke-3 dalam teks di atas?
A. Paragraf ke-3 merupakan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-2
B. Paragraf ke-2 merupakan perbedaan penyebab yang dibahas pada paragraf ke-1
C. Paragraf ke-3 memaparkan penyelesaian masalah dari paragraf ke-2
D. Paragraf ke-2 merupakan fakta-fakta yang dipaparkan pada paragraf ke-3
E. Paragraf ke-3 memerinci temuan yang dibahas pada paragraf ke-2
Jawaban : C
Pembahasan :
Pada paragraf kedua menunjukkan dampak-dampak dari pemadaman listrik yang dirasakan penggunanya. Selanjutnya, paragraf ketiga memaparkan penyelesaian masalah yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampak-dampak pemadaman listrik yang dibahas pada paragraf kedua. Jadi, jawaban C yang lebih tepat.


Itu dia tadi Contoh soal TPS UTBK 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan jawabannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url