Contoh Soal TPS SNBT 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum Lengkap Dengan Pembahasannya

Contoh soal TPS SNBT 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh soal TPS SNBT 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh soal TPS SNBT 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan pembahasannya :

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal 19-22.
(1) Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah menemukan ratusan suplemen over-the-counter (OTC) dicampur dengan obat yang tak disetujui. (2) Hal ini diketahui berdasarkan tes yang dilakuakn FDA . (3) Namun, badan tersebut tak mengeluarkan penarikan pada obat-obatan tersebut. (4) Sebagian besar produk yang dijual adalah obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan.
(5) Para peneliti di Departemen Makanan dan Pertanian California (FD) menemukan bahwa lebih dari 775 konon suplemen alami mengandung versi lebih murah dari bahan-bahan yang di iklankan atau senyawa farmasi yang memerlukan resep. (6) Tetapi, FDA hanya menarik setengah dari jumlah itu. (7) Para ahli menyerang FDA karena membiarkan produk-produk tercemar ini masuk dan tetap berada di pasar, menyebut bukti penelitian tentang 'melalaikan tugas'. (8) Pada 2017, pasar suplemen mampu menembus angka 13,4 miliar dolar AS atau Rp 201 triliun dan pasar diprediksi akan terus naik. (9) Dengan jenis, merek, dan vendor yang tak terhitung jumlahnya di luar sana, industri suplemen membuat FDA kewalahan.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan
19. Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat dalam kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (4)
D. (6)
E. (9)
Jawaban: D
Pembahasan:
Kalimat (6) menggunakan tetapi di awal kalimat. Hal ini tidak tepat karena tetapi tidak boleh diletakkan di awal kalimat. Jadi jawaban yang tepat yaitu D.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan
20. Kata menembusdalam kalimat (8) bermakna ….
A. mengeluarkan
B. menerobos
C. melampaui
D. melewati
E. mencapai
Jawaban: D
Pembahasan:
Kata menembus dalam KBBI V berarti keluar pada celah-celah permukaan; melewati. Jadi jawaban yang tepat yaitu D karena sesuai dengan pengertiannya yaitu melewati. Selain itu kata melewati sesuai dengan pembahasan pada kalimat (8), jika disesuaikan kalimat tersebut menjadi “Pada 2017, pasar suplemen mampu melewati angka 13,4 miliar dolar AS atau Rp 201 triliun dan pasar diprediksi akan terus naik.” sesuai dengan pembahannya kalimat tersebut.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana
21. Ide pokok paragraf pertama adalah ….
A. Penemuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat
B. Telah ditemukan ratusan suplemen over-the-counter (OTC)
C. Penarikan obat-obat terlarang di pasar
D. Tes yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat
E. Obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan ditarik dari pasar
Jawaban: B
Pembahasan:
Ide pokok merupakan ide utama yang ingin disampaikan oleh suatu teks. Dalam teks di atas paragraf pertama menjeleskan sebuah temenuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat yang kemudian menjadi bahan pembahasan pada kalimat-kalimat selanjutnya.

Topik : Pengetahuan Umum
Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana
22. Pernyataan manakah yang sesuai dengan isi teks di atas?
A. Obat lebih murah tidak boleh dijual dipasaran karena berbahaya
B. Penelitian menunjukkan bahwa obat yang dijual di pasar terdapat obat yang mengandung bahan berbahaya.
C. Obat yang dilarang dijual yaitu obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan.
D. Industri suplemen banyak yang menjual obat dengan bahan senyawa farmasi
E. FDA diprotes karena membiarkan penjualan produk-produk tercemar ada di pasar.
Jawaban: E
Pembahasan:
  • Jawaban A tidak tepat karena yang tidak boleh dijual di pasar yaitu obat murah yang berbahan senyawa farmasi yang hanya bisa diperoleh dengan resep.
  • Jawaban B tidak tepat karena tidak adanya argumen yang menyatakan obat yang dijual di pasar itu berbahaya.
  • Jawaban C kurang tepat karena obat suplemen massa otot dan suplemen penurun berat badan hanya disebutkan sebagai obat yang banyak di jual di pasar.
  • Jawaban D tidak tepat karena tidak adanya argumen mengenai produksi yang dijual industri suplemen.
  • Jadi, pilihan jawaban E lebih tepat karena dapat dibuktikan dari kalimat “Para ahli menyerang FDA karena membiarkan produk-produk tercemar ini masuk dan tetap berada di pasar, menyebut bukti penelitian tentang melalaikan tugas.”

Itu dia tadi Contoh soal TPS SNBT 2023 Pengetahuan Dan Pemahaman Umum lengkap dengan pembahasannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url