Carilah Berbagai Jenis Produk Bank Konvensional Dan Bank Syariah! Bandingkan Kelebihan Dan Kekurangan Produk Bank Konvensional Dan Bank Syariah Tersebut!

Carilah berbagai jenis produk bank konvensional dan bank syariah! Bandingkan kelebihan dan kekurangan produk bank konvensional dan bank syariah tersebut! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
6. Carilah berbagai jenis produk bank konvensional dan bank syariah!
7. Bandingkan kelebihan dan kekurangan produk bank konvensional dan bank syariah tersebut!

Jawaban Dan Pembahasan :
6. Perbedaan bank konvensional dan bank syariah hanya dari segi prinsip. Secara umum produk dari bank konvensional dan bank syariah sama. Keduanya menawarkan produk penghimpunan dana, produk penyaluran dana dan juga produk jasa. Untuk produk jasa, secara umum, bank konvensional dan bank syariah pun sama.
- Jenis produk bank konvensional
Produk penghimpunan dana (deposito, tabungan, dan giro berbasis bunga), produk penyaluran dana (kredit modal kerja, KPR, kredit usaha rakyat, dan lain-lain) dan produk jasa (inkaso, safe deposit box, transfer, kliring, dan lain-lain).
- Jenis produk bank syariah
Produk penghimpunan dana (deposito, tabungan, dan giro berbasis bagi hasil atau tanpa bunga), produk penyaluran dana (pembiayaan modal kerja, pembiayaan usaha rakyat, KPR syariah dan lain-lain), produk jasa (kliring, inkaso, transfer, safe deposit box dan lain-lain). Baca juga Jika kalian merupakan seseorang yang memiliki kesempatan untuk merasakan produk dari bank konvensional dan bank syariah, manakah yang akan kalian pilih? Uraikan alasannya!

7. Kelebihan dan kekurangan dari bank konvensional dan bank syariah :
- Kelebihan Bank Konvensional
  • Masyarakat lebih terbiasa dengan metode suku bunga.
  • Bank Konvensional mempunyai banyak variasi dalam memberikan produk terbarunya.
- Kekurangan Bank Konvensional
  • Haramnya sistem bunga dalam agama Islam.
  • Terdapat biaya administrasi setiap bulan.
- Kelebihan Bank Syariah
  • Tidak ada bunga pembayaran, adanya sistem bagi hasil.
  • Akad yang dilakukan sesuai dengan hukum dalam agama islam, misalnya yaitu akad wadiah (akad penitipan dalam bentuk barang atau uang).
  • Adanya produk-produk yang hanya dimiliki oleh bank syariah, yakni seperti tabungan haji, tabungan umrah dan tabungan qurban.
- Kekurangan Bank Syariah
  • Peminjaman uang di bank syariah lebih mahal apa bila dibandingkan dengan bank konvensional.
  • Rumitnya perhitungan dalam sistem bagi hasil.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Carilah berbagai jenis produk bank konvensional dan bank syariah! Bandingkan kelebihan dan kekurangan produk bank konvensional dan bank syariah tersebut!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url