Tabel Di Bawah Ini Menunjukkan Panjang Bentang Sayap Elang Jawa Dalam Meter Yang Berhasil Dikumpulkan Oleh Para Peneliti Lingkungan. A. Tentukanlah Q₁ Dan Q₃. B. Tentukanlah Persentil Ke-80 Dan Interpretasikanlah Hasilnya. C. Jelaskan Mengapa Tidak Mungkin Bisa Menemukan Persentil Ke-90.

Tabel di bawah ini menunjukkan panjang bentang sayap elang jawa dalam meter yang berhasil dikumpulkan oleh para peneliti lingkungan. a. Tentukanlah Q₁ dan Q₃. b. Tentukanlah persentil ke-80 dan interpretasikanlah hasilnya. c. Jelaskan mengapa tidak mungkin bisa menemukan persentil ke-90. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
Indonesia adalah negara yang kaya dan terkenal dengan faunanya yang beraneka ragam. Bahkan, banyak hewan yang hanya terdapat di Indonesia karena keunikan kondisi alamnya. Karena itulah kita harus melestarikan dan memperhatikan hewan langka yang masih tersisa agar kelak generasi selanjutnya tetap dapat menyaksikan kelangsungan hidup hewan langka ini. Salah satu contoh hewan langka adalah burung elang jawa (Nisaetus bartelsi). Jumlahnya saat ini diperkirakan hanya tinggal sekitar 300-500 ekor saja.
Tabel di bawah ini menunjukkan panjang bentang sayap elang jawa dalam meter yang berhasil dikumpulkan oleh para peneliti lingkungan.
a. Tentukanlah Q₁ dan Q₃.
b. Tentukanlah persentil ke-80 dan interpretasikanlah hasilnya.
c. Jelaskan mengapa tidak mungkin bisa menemukan persentil ke-90.
Jawaban Dan Pembahasan :
a. Mencari Q₁
  • Q₁ terletak pada data ke 1/4 x 100 = 25
  • Data ke 25, terletak pada kelas 176-180
  • Kelas 176-180 memiliki tepi bawah = 175,5 dan tepi atas = 180,5.
  • Banyaknya data sebelum 175,5 ada sebanyak 24 data.
  • Banyaknya data sebelum 180,5 ada sebanyak 61 data.
Maka Q₁ dapat dicari dengan cara sebagai berikut :
Q₁ - 175,5 = 180,5 - 175,5
   25-24            61 – 24
Q₁ - 175,5
       1            37
            Q₁ = 175,64
Jadi, Q₁ = 175,64 cm

Mencari Q₃
  • Q₃ terletak pada data ke 3/4 x 100 = 75
  • Data ke 25, terletak pada kelas 181-185
  • Kelas 181-185 memiliki tepi bawah = 180,5 dan tepi atas = 185,5.
  • Banyaknya data sebelum 180,5 ada sebanyak 61 data.
  • Banyaknya data sebelum 185,5 ada sebanyak 89 data.
Maka Q₃ dapat dicari dengan cara sebagai berikut :
Q₃ - 180,5 = 185,5 - 180,5
    75-61           89 – 61
Q₃ - 180,5
    14             28
            Q₃ = 183
Jadi, Q₃= 183 cm

b.Mencari P80
  • P80 terletak pada data ke 80/100 x 100 = 80
  • Data ke 80, terletak pada kelas 181-185
  • Kelas 181–185 memiliki tepi bawah = 180,5 dan tepi atas = 185,5.
  • Banyaknya data sebelum 180,5 ada sebanyak 61 data.
  • Banyaknya data sebelum 185,5 ada sebanyak 89 data.
Maka P80 dapat dicari dengan cara sebagai berikut :
P80 – 180,5 = 185,5 – 180,5
   80 – 61            89 – 61
P80 – 180,5
       19           28
P80 – 180,5 = 3,34
             P80 = 183,9
             P80 = 184
Jadi, P80 = 184 cm artinya 20% elang mempunyai panjang bentang sayap minimal 184 cm.

c. Kita tidak mungkin bisa menemukan persentil ke-90. Hal ini karena P90 terletak di kelas “Lebih dari 186” yang tidak mempunyai tepi atas.

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai a. Tentukanlah Q₁ dan Q₃. b. Tentukanlah persentil ke-80 dan interpretasikanlah hasilnya. c. Jelaskan mengapa tidak mungkin bisa menemukan persentil ke-90, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url