Terdapat Susunan Beberapa Segitiga Siku-Siku Seperti Berikut. A. Desi Berkata, Ia Perlu Mencari Sin 30° Untuk Mencari Panjangnya X. Apakah Kamu Setuju Dengan Desi? B. Cari Panjang X !

Terdapat susunan beberapa segitiga siku-siku seperti berikut. a. Desi berkata, ia perlu mencari sin 30° untuk mencari panjangnya x. Apakah kamu setuju dengan Desi? b. Cari panjang x ! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
Terdapat susunan beberapa segitiga siku-siku seperti berikut.
a. Desi berkata, ia perlu mencari sin 30° untuk mencari panjangnya x. Apakah kamu setuju dengan Desi?
b. Cari panjang x !
Jawaban Dan Pembahasannya :
a. Saya tidak setuju dengan Desi. Mencari sin 30° tidak akan bisa menolong Desi untuk menemukan panjang x. Panjang sisi yang seharusnya perlu diketahui adalah sisi samping dari sudut 30°, maka yang lebih bermanfaat adalah mencari nilai cos 30°. Baca juga Seorang laki-laki sedang berjalan di sebuah area hijau. Ia berpapasan dengan sebatang pohon dan sebuah tiang listrik. Jika tinggi tiang 50 meter dengan sudut antara laki-laki dan puncak tiang 45° dan sudut antara pohon dengan puncak tiang 60°, berapa jarak antara seorang laki-laki tersebut dan pohon?

b. Perhatikan gambar dibawah. Untuk mencari panjang x, kita harus mencari nilai a, nilai b, dan nilai c pada segitiga keempat menuju ke segitiga pertama dengan menggunakan cos 30°. Berikut di bawah ini adalah caranya :
Segitiga 4
cos 30° =  a 
                 4
       √3  = 
        2       4
          a = 2√3

Segitiga 3
cos 30° =   b   
                 2√3
       √3  =   b   
         2      2√3
          b = 3

Segitiga 2
cos 30° = 
                 3
       √3 
        2       3
          c = 3√3
                  2

Segitiga 1
cos 30° =    x    
                 3√3/2
        √3 =   x    
              3√3/2
          x = 
                 4
Jadi, panjang x adalah 9/4

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Terdapat susunan beberapa segitiga siku-siku seperti berikut. a. Desi berkata, ia perlu mencari sin 30° untuk mencari panjangnya x. Apakah kamu setuju dengan Desi? b. Cari panjang x !, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url