Standar Sudut Mendarat Pesawat Yang Direkomendasikan Untuk Kenyamanan Dan Kemulusan Adalah 3°. Jika Pesawat Sedang Berada Di Ketinggian 600 Meter, Berapa Jarak Antara Posisi Pesawat Sekarang Dengan Posisi Pendaratannya Yang Ideal?

Standar sudut mendarat pesawat yang direkomendasikan untuk kenyamanan dan kemulusan adalah 3°. Jika pesawat sedang berada di ketinggian 600 meter, berapa jarak antara posisi pesawat sekarang dengan posisi pendaratannya yang ideal? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Standar sudut mendarat pesawat yang direkomendasikan untuk kenyamanan dan kemulusan adalah 3°. Jika pesawat sedang berada di ketinggian 600 meter, berapa jarak antara posisi pesawat sekarang dengan posisi pendaratannya yang ideal?

Jawaban :
Jarak antara posisi pesawat sekarang dengan posisi pendaratannya yang ideal adalah 12000 m



Pembahasan :
Diketahui pada soal bahwa :
  • Standar sudut mendarat pesawat yang direkomendasikan untuk kenyamanan dan kemulusan adalah 3°
  • Pesawat sedang berada di ketinggian 600 meter
  • Ditanyakan jarak antara posisi pesawat sekarang dengan posisi pendaratannya ?
Keterangan yang ada pada soal, dapat kita ilustrasikan menjadi gambar segitiga seperti di bawah ini
Dari gambar ilustrasi diatas, kita bisa tahu bahwa yang di cari adalah sisi samping dari segitiga, untuk mencari sisi samping atau nilai x kita bisa menggunakan rumus tangen, dengan cara sebagai berikut :

tan θ = sisi depan    
            sisi samping
Maka,
tan 3° = 600
                x
  0,05 = 600 
               x
       x = 600
             0,05
       x = 12000


Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Standar sudut mendarat pesawat yang direkomendasikan untuk kenyamanan dan kemulusan adalah 3°. Jika pesawat sedang berada di ketinggian 600 meter, berapa jarak antara posisi pesawat sekarang dengan posisi pendaratannya yang ideal?, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url