A. Tentukan Panjang Rancangan Jembatan Yang Seharusnya Berdasarkan Informasi Yang Ada! B. Untuk Memastikan Penghitungannya Tepat, Ahli Bangun Memilih Titik Awal Yang Berbeda Dan Mengukur Jarak Serta Sudutnya. Ia Mendapatkan Sudut Perputaran 36° Serta Jarak 330,8 Meter. Tanpa Melakukan Penghitungan Matematika, Berikan Penjelasan Apakah Strategi Yang Digunakan Ahli Bangun Tersebut Tepat Atau Tidak Tepat.


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Seorang ahli bangun perlu mengukur jarak sungai untuk mempersiapkan pembangunan jembatan. Pertama, ahli bangun tersebut memberikan tanda di titik awalnya dan melihat ada pohon besar di seberang sungai. Ia kemudian berjalan sambil mengukur jarak, sampai posisinya sejajar dengan pohon. Jarak yang baru saja ia tempuh adalah 400 meter. Ia kemudian kembali ke titik awal dan mengukur sudut perputaran arah ke posisi pohon dengan theodolit. Ia mendapatkan sudut sebesar 31°.

a. Tentukan panjang rancangan jembatan yang seharusnya berdasarkan informasi yang ada!
b. Untuk memastikan penghitungannya tepat, ahli bangun memilih titik awal yang berbeda dan mengukur jarak serta sudutnya. Ia mendapatkan sudut perputaran 36° serta jarak 330,8 meter. Tanpa melakukan penghitungan matematika, berikan penjelasan apakah strategi yang digunakan ahli bangun tersebut tepat atau tidak tepat. Baca juga Standar sudut mendarat pesawat yang direkomendasikan untuk kenyamanan dan kemulusan adalah 3°. Jika pesawat sedang berada di ketinggian 600 meter, berapa jarak antara posisi pesawat sekarang dengan posisi pendaratannya yang ideal?



Jawaban Dan Pembahasan :
a. Pada gambar yang ada pada soal, kita bisa tahu bahwa panjang rancangan jembatan yang dicari adalah sisi depan dari segitiga, maka kita bisa menggunakan rumus tangen untuk mencarinya, dengan cara sebagai berikut :

tan θ = sisi depan    
            sisi samping
Maka,
tan 30° =   x  
                400
          x  
      √3     400
         x = 400
                √3
         x = 400 X √3    
               √3      √3
         x = 400 √3
                 3

Jadi, panjang rancangan jembatan yang seharusnya berdasarkan informasi yang ada adalah 400√3/3

b. Strategi yang digunakan ahli bangun tersebut sudah tepat dan dapat berguna untuk memastikan perhitungan yang akurat. Strategi tersebut berguna karena menggunakan penerapan perbandingan trigonometri yang sama dengan strategi awalnya. Yang dilakukan oleh ahli bangun tersebut adalah untuk mencari data tambahan yang bisa memberikan konfirmasi atas data awalnya. Baca juga Seorang teknisi sedang memperbaiki sebuah menara pemancar yang mempunyai tinggi 150 meter. Jarak antara titik B dan D adalah 125 meter. a. Jika sudut yang terbentuk oleh kedua tangga adalah 60°, hitung jarak BC! b. Cari juga jarak CD.

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Seorang ahli bangun perlu mengukur jarak sungai untuk mempersiapkan pembangunan jembatan, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url