Jelaskan Kecenderungan Jari-Jari Atom Logam Transisi Pada Periode Ke-4 Dan Ke-5.

Jelaskan kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5.

Jawaban :
Kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5 yakni semakin kecil dari kiri ke kanan dan semakin besar dari atas ke bawah. Baca juga Prediksilah kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-6.

Pembahasan :
Jari-jari atom adalah jarak dari inti pusat atom yang berada di dalam nukleon hingga ke elektron terluar, jari-jari atom ini dipengaruhi oleh jumlah kulit dalam suatu atom dan jumlah elektron yang masing - masing menempati kulit tersebut. Pada sistem periodik unsur, jari-jari atom suatu unsur mempunyai kecenderungan semakin besar dari atas ke bawah dan semakin kecil dari kiri ke kanan. Hal tersebut juga berlaku untuk logam transisi yang termasuk pada periode ke-4 dan juga periode ke-5, hanya saja karena pada logam transisi elektron terluarnya berada di orbital d sehingga hal tersebut menyebabkan perbedaan jari-jari atom antara satu unsur dengan unsur yang lainnya tidak terlalu jelas atau mempunyai selisih yang sedikit. Dengan demikan, kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5 yakni semakin kecil dari kiri ke kanan dan semakin besar dari atas ke bawah. Baca juga Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu periode (baca: dari kiri ke kanan) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai jelaskan kecenderungan jari-jari atom logam transisi pada periode ke-4 dan ke-5, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url