Carilah Informasi Mengenai : Gambar Diagram Persentase Gas Rumah Kaca Yang Dihasilkan Oleh Banyak Sektor. Gambar Diagram Jumlah Konsumsi Energi Dunia Dan Energi Listrik. Tentukanlah: 1. Informasi Yang Didapatkan Dari Kedua Gambar Diagram Tersebut. 2. Bagaimana Hubungan Antara Data Pada Kedua Diagram Tersebut? Jelaskanlah. 3. Kesimpulan Apa Yang Didapatkan Dari Hubungan Data Pada Kedua Diagram Tersebut?


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Carilah informasi mengenai :
Gambar diagram persentase gas rumah kaca yang dihasilkan oleh banyak sektor. Gambar diagram jumlah konsumsi energi dunia dan energi listrik.
Tentukanlah:
1. Informasi yang didapatkan dari kedua gambar diagram tersebut.
2. Bagaimana hubungan antara data pada kedua diagram tersebut? Jelaskanlah.
3. Kesimpulan apa yang didapatkan dari hubungan data pada kedua diagram tersebut?

Jawaban :
  1. Informasi yang didapatkan dari kedua gambar diagram tersebut antara lain adalah sebagai berikut : 
    • Pada sektor energi yang digunakan saat ini, bahan bakar fosil masih menjadi sumber energi utama.
    • Sektor energi merupakan sektor penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar.
  2. Hubungan antara data pada kedua diagram tersebut adalah sebagai berikut :
  3. Berdasarkan data pada kedua diagram tersebut, bisa dikatakan bahwa sumber energi yang digunakan di sektor energi didominasi oleh bahan bakar fosil, dan dampaknya yakni banyaknya gas rumah kaca yang dihasilkan.
  4. Kesimpulan yang didapatkan dari hubungan data pada kedua diagram tersebut adalah sebagai berikut :
Pembahasan :
Efek rumah kaca adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bumi mempunyai efek seperti rumah kaca diatas dimana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi. Gas-gas yang ada di atmosfer seperti karbon dioksida (CO2) bisa menahan panas matahari sehingga panas matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi. Baca juga Carilah informasi lebih lanjut tentang dampak-dampak eksplorasi energi. Jika perlu, tampilkan data-data pendukung yang bersumber dari sumber terpercaya. Dampaknya dapat ditinjau dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai Informasi yang didapatkan dari gambar diagram persentase gas rumah kaca yang dihasilkan oleh banyak sektor dan Gambar diagram jumlah konsumsi energi dunia dan energi listrik, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close