Buya Hamka Berkeyakinan Bahwa Islam Dibawa Langsung Oleh Saudagar Dari Makkah, Bukan Dari Gujarat. Jelaskan Alasan Yang Digunakan Oleh Buya Hamka!

Buya Hamka berkeyakinan bahwa Islam dibawa langsung oleh saudagar dari Makkah, bukan dari Gujarat. Jelaskan alasan yang digunakan oleh Buya Hamka! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Buya Hamka berkeyakinan bahwa Islam dibawa langsung oleh saudagar dari Makkah, bukan dari Gujarat. Jelaskan alasan yang digunakan oleh Buya Hamka!

Jawaban :
Pada tahun 745-746 H / 1345 M, Ibnu Batutah pernah berkunjung ke Kesultanan Samudra Pasai. Menurut catatan dari Ibnu Batutah dijelaskan bahwa di Gujarat berkembang Mazhab Syi’ah. Sedangkan, kesultanan Samudra Pasai adalah bermazhab Syafi’i. Atas dasar tersebut Buya Hamka berkeyakinan bahwa Islam dibawa langsung oleh saudagar dari Makkah, bukan dari Gujarat. Baca juga Para ulama penyebar Islam di Indonesia hidup secara sederhana dan bersahaja, meskipun hartanya melimpah. Mereka menyedekahkan semua harta, dengan terlebih dahulu mengambil secukupnya untuk kebutuhan pokok. Apakah sikap hidup sederhana dapat diterapkan dimasa sekarang? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan :
Perbedaan mazhab antara Samudra Pasai dan Gujarat inilah yang dijadikan alasan oleh Buya Hamka untuk menolak teori Gujarat. Jikalau benar bahwa agama Islam berasal dari Gujarat seperti pendapat Snouck Hurgronje dan wilayah pertama yang menerima ajaran Islam adalah Samudra Pasai maka bisa dipastikan bahwa Samudra Pasai akan bermazhab Syi’ah. Menurut Ibnu Batutah, kesultanan Samudra Pasai bermazhab Syafi’i, bukan bemazhab Syi’ah. Oleh karena hal tersebut, Buya Hamka berkeyakinan bahwa Islam dibawa langsung oleh Saudagar dari Makkah, bukan dari Gujarat. Baca juga Apakah yang dimaksudkan “Membangun Kesepakatan Bersama”?

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai alasan mengapa Buya Hamka berkeyakinan bahwa Islam dibawa langsung oleh saudagar dari Makkah, bukan dari Gujarat, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close