Berdasarkan Artikel Tersebut Apa Kelebihan Teknik Kultur Jaringan Dalam Mengatasi Permasalahan Langkanya Tumbuhan Tertentu?

Berdasarkan artikel tersebut apa kelebihan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan tertentu? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Berdasarkan artikel tersebut apa kelebihan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan tertentu?

Jawaban :
Kelebihan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan tertentu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Pengadaan bibitnya tidak tergantung pada musim.
  2. Dapat memperoleh bibit tanaman dengan waktu yang relatif lebih singkat namun jumlahnya banyak.
  3. Bisa dilakukan di tempat atau lahan yang tidak begitu luas.
  4. Dapat menghasilkan tanaman yang serupa dengan induknya dengan kualitas yang unggul. Baca juga Apa kelemahan penggunaan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan?
Pembahasan :
Kultur jaringan merupakan suatu metode perbanyakan tanaman yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sifat totipotensi yang dimiliki tumbuhan, yang ditumbuhkan secara aseptis dan pada media tertentu yang memiliki kandungan nutrisi. Sifat totipotensi pada tumbuhan merupakan kemampuan sel-sel untuk membelah dan juga tumbuh menjadi individu baru yang utuh. Kultur jaringan ini bertujuan untuk memperbanyak produksi tanaman dengan seragam, cepat, identik dengan induk serta tahan terhadap infeksi virus ataupun bakteri. Kultur jaringan bisa dilakukan pada semua tumbuhan, termasuk pada tumbuhan-tumbuhan langka. Baca juga Pada hewan juga dikenal teknik kloning. Menurut Kalian, apakah teknik kloning tepat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan langkanya hewan tertentu?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai apa kelebihan teknik kultur jaringan dalam mengatasi permasalahan langkanya tumbuhan tertentu, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url