Analisis Grafik Pada Gambar 3.10 Di Atas, Prinsip Kimia Hijau Yang Manakah Yang Harus Dipenuhi Untuk Mencegah Peningkatan Gas Rumah Kaca Di Indonesia Dari Tahun Ke Tahun? Sarankan Upaya Apa Saja Yang Harus Dilakukan Oleh Ke-6 Sektor Yang Tertera Pada Gambar Tersebut.

Analisis grafik pada Gambar 3.10 di atas, prinsip kimia hijau yang manakah yang harus dipenuhi untuk mencegah peningkatan gas rumah kaca di Indonesia dari tahun ke tahun? Sarankan upaya apa saja yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada Gambar tersebut. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Analisis grafik pada Gambar 3.10 di atas, prinsip kimia hijau yang manakah yang harus dipenuhi untuk mencegah peningkatan gas rumah kaca di Indonesia dari tahun ke tahun? Sarankan upaya apa saja yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada Gambar tersebut.

Jawaban :
Upaya yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada Gambar tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kebakaran gambut
  2. Mengurangi pembukaan lahan dengan cara pembakaran serta melakukan kontrol lahan guna meminimalisir kebakaran karena musim kemarau.
  3. Penggunaan hutan dan lahan lain
  4. Pertanian
  5. Menggunakan pupuk organik dan juga meminimalisir bahan kimia berbahaya.
  6. Limbah
  7. Pengolahan limbah dengan menerapkan metode analisis real time.
  8. Industri
  9. Banyak yang bisa dilakukan industri, diantaranya yakni menggunakan bahan baku terbarukan dan juga merancang proses sintesis yang aman.
  10. Sumber energi
  11. Menggunakan energi baru dan juga terbarukan (EBT).
Pembahasan :
  1. Dengan adanya kawasan hijau bisa membantu penyerapan emisi karbon dioksida (salah satu gas rumah kaca), sehingga pembangunan seharusnya tetap memperhatikan penggantian dan bahkan penambahan kawasan hijau.
  2. Penggunaan pupuk ataupun nutrisi organik untuk tumbuhan turut ikut berperan dalam penggunaan bahan-bahan yang mudah terdegradasi.
  3. Analisis real time pada pengolahan limbah bisa mengatasi pembentukan produk samping yang tidak diinginkan serta mengurangi polusi. Baca juga Bagaimana biosolar B30 dibuat?
  4. Perancangan sintesis yang aman bisa berefek domino, dimulai dari emisi yang berkurang, pengurangan limbah berbahaya, dan juga memaksimalkan K3.
  5. Penggunaan EBT sudah dimulai di Indonesia, di antaranya yakni biosolar, biogas, dan juga geothermal.
Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai upaya apa saja yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada Gambar tersebut, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close