Perhatikan HR. Ibnu Majah Berikut Ini! Jelaskan Apakah Maksud Dari Hadis Tersebut?

Perhatikan HR. Ibnu Majah berikut ini! Jelaskan apakah maksud dari hadis tersebut? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Perhatikan HR. Ibnu Majah berikut ini! Jelaskan apakah maksud dari hadis tersebut?

Jawaban :
Dimensi dari keimanan itu menyangkut 3 ranah, antara lain yaitu:
  1. ‘Tashdiqun bil qalbi yakni meyakini dengan hati.
  2. Iqrarun bil lisan yakni diucapkan dengan lisan.
  3. ‘Amalun bil arkan yakni mengamalkannya dengan perbuatan anggota badan. Baca juga Sebutkan lima cabang iman dari ranah tashdiqun bil qalbi!
Pembahasan :
Para ahli hadis menjelaskan dan juga merangkum 77 cabang keimanan menjadi tiga kategori atau golongan berdasarkan pada hadis Ibnu Majah berikut ini :

Artinya:"Dari Ali bin Abi Thalib r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda: iman adalah tambatan hati, ucapan lisan dan perwujudan perbuatan" (H.R. Ibnu Majah).

Dengan kata lain, dimensi dari keimanan itu menyangkut 3 ranah, antara lain yaitu :
  1. ‘Tashdiqun bil qalbi yakni meyakini dengan hati.
  2. Iqrarun bil lisan yakni diucapkan dengan lisan. Baca juga Sebutkan lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan!
  3. ‘Amalun bil arkan yakni mengamalkannya dengan perbuatan anggota badan.
Dari pengelompokan berdasarkan dimensi keimanan tersebut, maka syu’abul iman dibagi menjadi 3 bagian, antara lain yaitu :
  1. Niat, akidah dan hati.
  2. Lisan/ucapan.
  3. Seluruh anggota badan.
Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai maksud dari hadis HR. Ibnu Majah yang tertera pada soal, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close