Sebutkan Lima Cabang Iman Dari Ranah Iqrarun Bil Lisan!

Sebutkan lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Sebutkan lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan!

Jawaban :
Lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Membaca kalimat - kalimat thayyibah (kalimat-kalimat yang baik).
  2. Membaca kitab suci Al-Qur`an.
  3. Belajar dan juga menuntut ilmu.
  4. Mengajarkan ilmu kepada orang lain.
  5. Dzikir kepada Allah SWT. termasuk istighfar. Baca juga Sebutkan lima cabang iman dari ranah ‘amalun bil arkan!
Pembahasan :
Rukun Iman mempunyai jumlah sebanyak enam, antara lain yaitu iman kepada Allah, iman kepada Rosulullah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada hari akhir dan iman kepada qadha dan qadar. Rukun iman merupakan pilar - pilar keimanan di dalam Islam yang harus dimiliki oleh setiap muslim.

Berdasarkan hadits Rasulullah SAW Iman mempunyai cabang-cabang, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW yakni “Iman mempunyai lebih dari tujuh puluh atau enam puluh cabang. Cabang yang paling tinggi yaitu perkataan 'La ilaha illallah' (tauhid), dan yang paling rendah yakni menyingkirkan duri (gangguan) dari jalan. Dan malu adalah salah satu cabang iman." [HR. Bukhari, Muslim]. Dari hadist tersebut kita dapat mengetahui bahwa iman mempunyai cabang-cabang yang banyak, dan cabang - cabang dari iman tersebut memiliki tingkatannya masing - masing. Baca juga Jelaskan masalah-masalah keimanan yang terjadi saat ini. Uraikan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana solusinya menurutmu!

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close