Mengapa Terdapat Perbedaan Mendasar Antara Lembaga Keuangan Konvensional Dan Lembaga Keuangan Syariah? Jelaskan!

Mengapa terdapat perbedaan mendasar antara lembaga keuangan konvensional dan lembaga keuangan syariah? Jelaskan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Mengapa terdapat perbedaan mendasar antara lembaga keuangan konvensional dan lembaga keuangan syariah? Jelaskan!

Jawaban :
Karena di dalam ekonomi konvensional, tujuan utama dari aktivitas ekonomi semata-mata hanya untuk mendapatkan keuntungan serta kepentingan duniawi saja. Sedangkan di dalam ekonomi syariah segala aktivitas perekonomian memiliki tujuan akhir yang harus seimbang antara kepentingan duniawi dan kepentingan ukhrawi. Baca juga Jelaskan jenis-jenis usaha bank syariah dalam rangka mendorong dan mendukung perekonomian umat!

Pembahasan :
Sistem ekonomi Islam atau yang biasa dikenal dengan ekonomi syariah mempunyai karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan sistem ekonomi umum (konvensional). Ekonomi syariah adalah sistem ekonomi yang adil dan menjamin bahwa kekayaan tidak hanya berputar serta terkumpul pada satu kelompok saja, namun tersebar di semua lapisan masyarakat. Sehingga diharapkan dengan adanya ekonomi syariah, maka aktivitas ekonomi akan semakin seimbang. Apabila dalam ekonomi konvensional, tujuan utama dari aktivitas ekonominya semata - mata hanya untuk mendapatkan keuntungan serta kepentingan duniawi, maka di dalam ekonomi syariah segala aktivitas perekonomiannya memiliki tujuan akhir yang harus seimbang antara kepentingan duniawi dan kepentingan ukhrawi. Baca juga Bagaimana perbedaan antara bai’al mudharabah, bai’ al-istishna’ dan bai’al-salaam pada kegiatan usaha koperasi syariah? Jelaskan dengan memberikan contohnya!

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai alasan mengapa terdapat perbedaan mendasar antara lembaga keuangan konvensional dan lembaga keuangan syariah, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close