Jelaskan Jenis-Jenis Usaha Bank Syariah Dalam Rangka Mendorong Dan Mendukung Perekonomian Umat!

Jelaskan jenis-jenis usaha bank syariah dalam rangka mendorong dan mendukung perekonomian umat! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan jenis-jenis usaha bank syariah dalam rangka mendorong dan mendukung perekonomian umat!

Jawaban :
Jenis-jenis usaha bank syariah dalam rangka mendorong dan mendukung perekonomian umat antara lain adalah sebagai berikut :
Ketiga usaha tersebut menerapkan prinsip bagi hasil serta menghindari praktik riba dengan tidak menerapkan bunga seperti usaha yang dijalani oleh lembaga – lembaga keuangan konvensional.

Pembahasan :
Bank syariah adalah lembaga keuangan yang menjamin bahwa seluruh investasi yang dilakukan baik itu berupa produk, ataupun kegiatan menghimpun investasi dari masyarakat, telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Bank syariah yang pertama kali berdiri di Indonesia yakni PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) pada tanggal 1 November tahun 1991 dan resmi beroperasi sejak tanggal 1 Mei tahun 1992. Kegiatan usaha bank syariah antara lain yaitu menghimpun dana dari masyarakat, menyalurkan dana kepada masyarakat, dan produk layanan jasa kepada masyarakat. Ketiga usaha tersebut menerapkan prinsip bagi hasil serta menghindari praktik riba dengan tidak menerapkan bunga seperti usaha yang dijalani oleh lembaga – lembaga keuangan konvensional. Baca juga Mengapa masyarakat muslim Indonesia semestinya mempercayakan transaksi keuanganya melalui unit usaha syariah? Jelaskan hikmah dan manfaat bertransaksi melalui unit usaha syariah tersebut!

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai jenis-jenis usaha bank syariah dalam rangka mendorong dan mendukung perekonomian umat, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close