Berdasarkan Materi Tentang Jenis Historiografi Indonesia, Temukan Perbedaan Dan Persamaan Dari Ketiga Historiografi Tersebut!

Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, temukan perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi tersebut! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, temukan perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi tersebut!

Jawaban :
Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, perbedaan dari jenis historiografi yang ada di Indonesia terdapat pada sifat masa penulisannya, Historiografi tradisional memiliki sifat istana - sentris karena Historiografi ini ditulis pada masa klasik, begitu juga dengan Historiografi Indonesia yang lainnya, dimana sifat dari Historiografi tersebut berdasarkan masanya. Sedangkan untuk persamannnya yakni sama - sama membahas suatu sejarah yang semakin terus berkembang. Baca juga Jelaskan mengapa didirikan Prinses Juliana School?

Pembahasan :
Historiografi berasal dari bahasa Yunani, yakni historia yang memiliki arti sejarah, dan graphia yang memiliki arti penulisan. Secara singkat, Historiografi merupakan penulisan sejarah.
  • Historiografi Kolonial
  • Historiografi Kolonial merupakan penulisan sejarah yang berkembang pada masa Kolonial Belanda. Historiografi kolonial ini berfokus pada kehidupan warga Belanda (Eropa) yang ada di Hindia Belanda.
  • Historiografi tradisional
  • Historiografi tradisional merupakan penulisan sejarah yang memiliki sifat istana - sentris. Sedangkan jika dilihat dari segi karakteristiknya, historiografi tradisional ini bersifat kultural serta politis, dan belum menggunakan metode ilmiah dalam penyusunannya, sehingga mempunyai unsur subjektivitas yang tinggi. Baca juga Buatlah kronologi sejarah sekolah kejuruan!
  • Historiografi Modern
  • Historiografi modern merupakan historiografi yang muncul akibat dari tuntutan ketepatan teknik guna mendapatkan fakta – fakta sejarah, salah satunya yakni untuk merevisi Histroriografi kolonial yang memiliki sudut pandang Eropa-sentris menjadi Indonesia-sentris.
Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close